Kompas TV regional berita daerah

Dikepung Banjir, Ribuan Rumah Terendam

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 16:33 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Beginilah proses evakuasi salah satu warga di Desa Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah. Petugas BPBD Kendal harus menggunakan tali dan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir karena tingginya genangan air.

 

Akibat hujan deras yang mengguyur sejak jumat, banjir telah menerjang 9 Kecamatan dan 11 Kelurahan. Tingginya intensitas hujan membuat lokasi yang biasanya tidak terkena banjir seperti kawasan Kantor Bupati, dan Kantor BPBD. Beberapa titik di ruas jalan juga banyak yang terkena banjir, seperti jalan laut, sepanjang jalan Kelurahan Karangsari dan Banyutowo.

 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, akibat hujan yang cukup lama banjir meluas di 9 Kecamatan di wilayah pantura. Petugas BPBD pun sudah melakukan bantuan tiga perahu karet untuk melakukan evakuasi warga di Kaliwungu.

 

Sejumlah dapur umum sudah didirikan di antaranya di Kelurahan Pegulon, Langenharjo dan Karangsari Kendal. BPBD Kendal bersama dinas sosial siap memberikan bantuan logistik maupun bantuan untuk pendirian dapur umum jika warga membutuhkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x