Kompas TV regional berita daerah

Menteri PANRB Copy Metode Penanganan Sampah Klungkung

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 14:03 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PANRB, Abdullah Azwar Anas, melihat langsung cara pengolahan sampah, TOSS Gema Santi yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, Kamis (28/12/2022)  pagi.  Dimana inovasi pengolahan sampah Kabupaten Klungkung ini   mendapat penghargaan Top Inovasi Nasional di tahun 2022 ini.

Menteri PANRB RI, Abdullah Azwar Anas mengatakan, sampah menjadi permasalahan pelik dan kerap menimbulkan masalah dan mengganggu pariwisata. Sehingga dengan cara pengolahan sampah yang dilaksanakan oleh Kabupaten Klungkung, dijadikan percontohan untuk kemudian diterapkan di daerah lainnya. Dimana, pengolahan sampah sudah tertata dari tingkat desa dengan peraturan desa yang sudah diterapkan.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, inovasi TOSS Center Gema Santi ini sudah ditetapkan sejak tahun 2017 silam dan berkali-kali mendapat penghargaan inovasi nasional. Dan tahun ini masuk dalam top 5 besar inovasi nasional.  Dimana nyatanya, program TOSS dengan pengolahan sampah terpadu mengolah dari sampah organik menjadi pupuk yang digratiskan kemasyarakat juga mengolah sampah plastik menjadi barang berguna. Selain itu juga diciptakan pupuk cair.

Sementara untuk desa juga diterapkan 100 persen TOSS desa. Dari 53 desa di Kabupaten Klungkung, saat ini sudah 44 desa yang menerapkan sisanya masih tahap pembangunan.  

Selain mengunjungi inovasi pengolahan sampah, Menteri PANRB RI juga mengunjungi koperasi unit desa dengan inovasi beli mahal jual murah untuk mensejahterakan petani lokal, khususnya dalam penjualan gabah dan beras yang langsung dibeli daerah.

 

 

 

 

 

 

#PANRBRI    #TOSScenter   #klungkung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x