Kompas TV regional berita daerah

Abdi Dalem Keraton Surakarta Lapor ke Polisi

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 13:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Abdi dalem kubu Pakubuwono XIII melapor ke Mapolresta Solo, Jawa Tengah, pada Senin (26/12/2022) terkait adanya dugaan penganiayaan yang terjadi saat keributan di Keraton Kasunanan Surakarta pada Jumat (23/12/2022) lalu. Beberapa abdi dalem yang menjadi korban dugaan penganiayaan juga terlihat dalam rombongan.

Dugaan penganiayaan ini terjadi, ketika sejumlah orang yang diduga dari kubu lembaga adat berada di dalam keraton. Atas perintah Pakubuwono XIII, sejumlah abdi dalem berusaha mengamankan lingkungan keraton dan terjadi dugaan penganiayaan yang mengakibatkan sejumlah orang terluka.

“Dengan adanya pelaporan ini menjadi pembelajaran untuk berbagai macam pihak agar tidak main hakim sendiri apalagi mereka abdi dalem yang sedang bertugas. Untuk korban terluka sendiri ada banyak tapi kami fokus pada korban dengan luka yang lumayan parah itu ada empat orang bahkan ada yang masih dirawat di rumah sakit,“ kata Kanjeng Pangeran (KP) Dani Nur Adiningrat, Wakil Pengangeng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Surakarta.

Sementara itu, terkait dengan peristiwa keributan di keraton, kubu Pakubuwono XIII menyerahkan semuanya kepada kepolisian. Mereka menyebutkan akan kooperatif saat diminta menjadi saksi ataupun menjalani pemeriksaan nantinya.

#keratonkasunanansurakarta #pakubuwonoxiii #penganiayaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x