Kompas TV regional sosial

Polda Metro Jaya Kerahkan 7.421 Personel Amankan Nataru, Termasuk 1.385 Gereja

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 15:58 WIB
polda-metro-jaya-kerahkan-7-421-personel-amankan-nataru-termasuk-1-385-gereja
Kombes Pol Endra Zulpan. Polda Metro Jaya menyiapkan 7.421 personel dalam Operasi Lilin Jaya 2022, untuk mengamankan Natal dan tahun baru, termasuk  1.385 gereja yang tersebar di Jabodetabek. (Sumber: Kompas TV/FERDIANSYAH MARLUPY)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Polisi menyiapkan 7.421 personel dalam Operasi Lilin Jaya 2022, untuk mengamankan Natal dan tahun baru, termasuk 1.385 gereja yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, mengatakan, ribuan personel yang dikerahkan akan disebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.


 

"Untuk kegiatan Operasi Lilin Jaya 2022 ini khususnya di wilayah Polda Metro Jaya akan menurunkan pengamanan sebanyak 7.421 personel," kata Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (19/12/2022), dikutip tribunnews.com.

Dalam pengamanan tersebut, lanjut Zulpan, pihaknya juga akan mendapat bantuan dari personel TNI dan masyarakat.

Baca Juga: 1500 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Nataru 2023

"Dibantu rekan- rekan dari TNI dan juga dari masyarakat tentunya, kita akan mengamankan itu semua," ucapnya.

Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2022, seluruh personel yang akan diterjunkan akan terlebih dahulu dilakukan gelar pasukan di kawasan Monas, yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

"Kemudian kegiatan ini, juga pada tanggal 22 Desember akan dilakukan gelar pasukan yang direncanakan di Monas oleh Bapak Kapolri, kemudian tanggal 23 dimulai operasi," jelasnya.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, dalam Operasi Lilin Jaya 2022 kali ini akan digelar selama 11 hari yakni 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

"Kita akan mulai operasi lilin ini dari 23 (Desember) selama 11 hari sampai tanggal 2 Januari (2023)," papar Fadil.

Fadil berpendapat angka penularan Covid-19 yang melandai diprediksi akan menigkatkan antusiasme masyarakat merayakan Nataru 2023.

Oleh karena itu dikatakan Fadil, pihaknya bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta dan unsur TNI akan mengantisipasi terjadinya potensi kamtibmas saat Nataru mendatang.

"Dengan strategi bergerak bersama bersinergi antar instansi salah satu Forkopimda DKI, saya yakin kesiapan Nataru ini akan lebih matang dan lebih siap kita hadapi bersama-sama," ucap Fadil Imran.

Baca Juga: Harga Sejumlah Bumbu Dapur Mulai Naik Empat Hari Jelang Natal

Dalam apel kesiapan Satgas Humas dalam rangka Operasi Lilin 2022, Senin (19/12/2022), Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan, Polri melakukan pencegahan terhadap aksi teror.

Densus 88 Antiteror Polri, kata dia, sudah melaksanakan langkah preventif strike di beberapa wilayah.

”Densus 88 melaksanakan operasi preventif strike di Sumatera dan mengamankan 11 terduga teroris,” katanya, Senin pagi, di Jakarta, dikutip Kompas.id.

Ia juga memohon dukungan masyarakat bersama-sama mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi di dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.



Sumber : Tribunnews/berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x