Kompas TV regional berita daerah

Pemanfaatan Dana Desa Tepat Sasaran di Selorejo Kabupaten Malang

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 21:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Pemanfaatan dana desa tepat sasaran bisa ditemukan di Desa Selorejo, Kecamtan Dau, Kabupaten Malang. Desa ini melakukan pelaporan penggunaan dana desa dengan transparan.

Kepala Desa Selorejo Bambang Soponyono mengatakan, masyarakat dilibatkan agar ikut mengontrol penggunan dana desa.

Desa ini juga memiliki badan usaha milik desa atau Bumdes yang aktif sejak akhir 2019. Bumdes mampu menghasilkan pendapatan dan digunakan untuk pengelolaan daerah wisata seperti petik jeruk.

"Terkait penggunaan dana desa kita laksanakan melalui asas transparansi dan akuntabilitas, dengan keterlibatan masyarakat perencanaan, pelaksanaan ataupun perawatan. Artinya keterlibatan masyarakat juga kontrol bagi kami selaku penanggung jawab penggunaan dana desa" Ujar Bambang, Jumat (16/12/2022).

Deputi bidang koordinasi pemerataan pembangunan wilayah dan penanggulangan bencana Kemenko PMK, Sudirman, mengatakan, tahun depan dana desa diantaranya digelontorkan untuk peningkatan sumber daya manusia.

"Dana desa diperuntukkan bagi pemerintah desa-desa untuk peningkatan sumber daya manusianya. Yang kedua ialah untuk meningkatkan ekonomi di desa-desa" Katanya.

Dalam kunjungan ini selain melakukan peninjauan Bumdes, Deputi Kemenko PMK dan Dirjen Kementerian Desa juga melakukan dialog dengan warga setempat dan memberikan arahan agar anak tidak terkena stunting , dan menyampaikan paparan upaya menekan kemiskinan ekstrem.

#danadesa #desaselorejo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x