Kompas TV regional kriminal

Minta Polisi Usut Tuntas Penembakan Karyawan Bank di Puncak, Bupati: Jangan Langsung Simpulkan KKB

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 01:05 WIB
minta-polisi-usut-tuntas-penembakan-karyawan-bank-di-puncak-bupati-jangan-langsung-simpulkan-kkb
Bupati Puncak Willem Wandik menjenguk keluarga Darius Julius Yumame, korban penembakan orang tidak dikenal di Puncak, Papua Tengah. (Sumber: KOMPAS TV/Findi Rakmeni)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

PAPUA TENGAH, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Puncak, Papua Tengah, meminta kepolisian mengusut tuntas penembakan Darius Yumame (34).

Karyawan bank daerah Papua itu ditembak oleh orang tidak dikenal (OTK) saat berbelanja di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Selasa (13/12/2022).

Bupati Puncak Willem Wandik meminta kepolisian dapat segera menelusuri kasus penembakan terhadap Darius Yumame.

Ia berharap petugas tidak langsung membuat kesimpulan pelaku penembakan merupakan anggota kelompok kriminal bersenjata atau KKB tanpa ada penyelidikan. 

Baca Juga: Karyawan Bank Papua Meninggal dengan Luka Tembak di Belakang Kepala

Namun jika benar terduga pelaku adalah anggota KKB, maka perlu adanya penyidikan agar kasus ini dapat dibawa ke pengadilan. 

"Kami tegas penembak ini harus diungkap, harus masuk daftar pencarian orang. Jangan selalu berpikir KKB, tidak bisa. Harus diungkap siapa namanya siapa orangnya, sehingga kita semua dan keluarga tahu siapa yang bertangung jawab atas penembakan ini," ujar Willem saat ditemui jurnalis KOMPAS TV Findi Rakmeni usai melayat ke rumah keluarga korban, Rabu (14/12/2022).

Willem menambahkan Pemkab Puncak telah memenuhi permintaan keluarga korban yang menuntut adanya denda adat sebesar Rp1 miliar.

Uang denda adat tersebut diberikan langsung Willem saat melayat ke keluarga korban di Timika, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: Kronologi Karyawan Bank Papua Tewas Ditembak OTK

Pemkab Puncak juga telah memfasilitasi pemulangan jenazah korban. Rencananya jenazah akan dipulangkan ke kampung halaman di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis pagi (15/12/2022).

"Tuntutan dari keluarga secara adat kami sudah penuhi. Kami juga sudah antarkan jenazah ke Maybrat. Semoga bisa menerima dengan baik," ujar Willem. 

Sebelumnya Darius Yumame meninggal dunia usai ditembak OTK di pasar Sinak, Puncak pada Selasa pagi. Korban di tembak di bagian kepala usai membeli nasi kuning untuk sarapan.

Korban meminggal dunia di lokasi kejadian. Pelaku diduga menggunakan senjata api laras pendek terlihat dari bekas luka korban.

Baca Juga: Penembak Karyawan Bank di Papua Diduga KKB Pimpinan Kalenak Murib, Napi yang Kabur dari Penjara

Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo menjelaskan terduga pelaku penembakan karyawan bank, Darius Yumame adalah anggota KKB pimpinan Kalenak Murib.

Kalenak Murib alias Yonis Murib merupakan narapidana yang kabur dari Lapas Kelas IIA Abepura, Kota Jayapura, pada tanggal 12 Juli 2021.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x