Kompas TV regional sosial

Pentingnya Mengenali Target Pasar untuk Perkembangan Bisnis

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 17:00 WIB
pentingnya-mengenali-target-pasar-untuk-perkembangan-bisnis
Perlunya menentukan target pasar agar bisnis bisa berjalan lancar. (Sumber: Freepik/DilokaStudio)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tahunnya, bisnis selalu berinovasi. Akan tetapi, satu yang selalu sama adalah manusia sebagai target pasarnya. Itu sebabnya, jika salah dalam menentukan target pasar, ada kemungkinan bisnis pun gagal.

Hal ini ditekankan juga oleh Shama Hyder, CEO Zen Media, dalam siniar Obsesif bertajuk “When People Are The New Media” yang dapat diakses melalui dik.si/ObsesifShamaHyder.

Apa Itu Target Pasar?

Manusia, sebagai target pasar, adalah alasan mengapa suatu bisnis bisa berjalan. Dikutip dari Hootsuite, target pasar adalah kelompok orang tertentu yang ingin dijangkau lewat strategi pemasaran suatu bisnis. 

Kemungkinan besar pula mereka adalah orang-orang yang akan membeli produk atau menggunakan jasa suatu bisnis. Untuk menentukannya, target pasar biasanya mempunyai karakteristik yang sama.

Mempunyai target pasar bisa membantu kita menjangkau calon konsumen dan mengembangkan produk. Akan tetapi, jangan khawatir meski ada beberapa konsumen yang tidak masuk ke dalam target pasar, sebab mereka masih tetap bisa membeli produk atau memakai jasa bisnis kita.

Baca Juga: Kiat Sukses Mencapai Financial Freedom

Itu sebabnya, target pasar harus ditentukan pada riset dan data, bukan firasat.

Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar?

Cara terbaik untuk menemukan target pasar adalah lebih dulu memikirkan kebutuhan spesifik suatu produk atau jasa. Penting untuk mengidentifikasi para konsumen sehingga produk yang dihasilkan bisa sesuai dengan ekspektasi mereka.

Target pasar bisa ditentukan melalui evaluasi bulanan. Saat melakukan evaluasi, kelompokan konsumen sesuai dengan demografi, usia, jenis kelamin, pendidikan, hingga pengeluaran. Setelah itu, kita bisa menghitung seberapa banyak konsumen yang sudah sesuai dengan produk atau jasa.

Jika produk bersifat sangat umum, kita tidak perlu melakukan banyak riset untuk menemukan target konsumen. Namun, jika audiens lebih spesifik, penting untuk mengumpulkan data konsumen untuk memfokuskan pengembangan produk. 

Salah satu cara mengumpulkan data adalah menawarkan harga khusus atau kode kupon kepada mereka yang mengunjungi situs web dengan mengisi survei.

Manfaat Mengetahui Target Pasar

Mengetahui target pasar mampu mengefisienkan kita dalam beriklan. Meskipun penting untuk menjangkau sebanyak mungkin orang, kita lebih perlu menjangkau calon konsumen potensial secara langsung.

Baca Juga: Pengaruh Korean Wave terhadap Strategi Pemasaran

Mengutip The Balance Money, menjangkau secara langsung konsumen yang tertarik dengan bisnis kita akan lebih membantu menaikkan keuntungan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana perilaku mereka.

Lantas, bagaimana pandangan Shama Hyder terhadap manusia sebagai orientasi utama bisnis? Jawaban lengkapnya bisa kalian dengarkan melalui siniar Obsesif edisi spesial narasumber APMF 2022 bertajuk “When People Are The New Media” di Spotify. 

Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk para fresh graduate dan job seeker, loh!

Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya. Akses sekarang juga episode ini melalui tautan dik.si/ObsesifShamaHyder

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x