Kompas TV regional berita daerah

Bahayakan Warga, Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 11:22 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Dengan menggunakan pakaian khusus evakuasi sarang tawon, petugas Pemadam Kebakaran Karangasem Bali memasukan kapas berisi minyak pertalite ke lubang sarang tawon. Setelah itu petugas baru memindahkan sarang tawon dari plafon rumah warga di Banjar Dinas Kangkang, Desa Kertamadala, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali, menggunakan karung beras. Proses pemindahan sarang tawon ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Keberadaan sarang tawon hitam ini sangat membahayakan pemilik rumah. Pasalnya saat malam hari, tawon keluar bergerombolan, dan masuk hingga ke dalam kamar tempat tidur. Pemilik rumah mengaku, keberadaan sarang tawon ini sudah sekitar 3 bulan.

Kepala Seksi Pemadaman Kebakaran Penyelamatan dan evakuasi Damkar Karangasem mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari warga adanya sarang tawon yang menganggu dan membahayakan, petugas langsung mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi. Kini banyak permintaan warga untuk melakukan evakuasi seperti sarang tawon, sarang lebah, ular dan anjing rabies. Diperkirakan sampai bulan ini sudah ada sekitar 70  lebih pelaksanaan evakuasi yang dilakukan.

Selain melakukan Pemadam Kebakaran Petugas Damkar Karangasem saat ini juga melakukan penyelamatan, bahkan dalam bulan Desember 2022 ini sudah ada sekitar 65 evakuasi sarang tawon, 64 evakuasi ular, 5 evakuasi sarang lebah, 5 evakuasi anjing dan 4 evakuasi biawak.

 

 

 

 

 

 

 

 

#evakuasisarangtawon  #damkarkarangasem  #karangasem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x