Kompas TV regional berita daerah

J-KOPI, Bantu Pelaku UMKM Pasarkan Produknya Secara Digital (3)

Kompas.tv - 8 Desember 2022, 20:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Dinas Kominfo Pemkab Jember Jawa Timur perlahan merubah ekosistem atau tata kelola pemerintahan dengan aplikasi J-KOPI atau Jember Kota Pintar. Sejak diresmikan pada 1 Juni 2022, aplikasi J-KOPI telah digunakan oleh 1.300 warganet per November 2022.

“Dengan aplikasi J-KOPI, kami ingin membentuk ekosistem smart city iya, artinya dengan transformasi digital yang semakin cepat, kita kan harus mengikuti. Dengan mengelola semacam ini, maka warga Jember yang berjumlah 2,6 juta jiwa, dapat terlayani dengan baik,” ujar Bobby Arie Sandy di program SAPA JEMBER yang tayang di KompasTV Jember, pada Kamis (8/12/2022).  

Aplikasi J-KOPI memiliki 4 kategori layanan, yakni J-YANMAS atau jember pelayanan masyarakat, J-DER atau jember digital entrepreneur, J-NEWS atau jember news dan J-EVENT atau jember event. Semisal dengan J-YANMAS, masyarakat bisa mengakses semua layanan pemerintah secara cepat dan mudah. Dan dengan J-DER, pelaku atau pengusaha UMKM dapat menjalankan usahanya secara digital.

“Yang tak kalah menarik, di aplikasi J-KOPI, ada fitur UMKM. Fitur ini menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Terdapat beberapa kategori, seperti kerajinan, aneka bahan dasar dan batik,” terang Bobby.

Untuk pendaftarannya, pelaku UMKM bisa datang ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum). Selanjutnya petugas Diskopum akan memasukkan datanya ke database yang terhubung dengan aplikasi J-KOPI.

Baca Juga: J-KOPI, Permudah Masyarakat Mendapatkan Pelayanan Publik di OPD Pemkab Jember (1)

Baca Juga: J-KOPI, Integrasikan Pelayanan Publik di Jember, Ada 17 Layanan Surat Menyurat (2)

#JemberKotaPintar #DiskominfoJember #DiskopumJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x