Kompas TV regional berita daerah

J-KOPI, Permudah Masyarakat Mendapatkan Pelayanan Publik di OPD Pemkab Jember (1)

Kompas.tv - 8 Desember 2022, 15:56 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Jember Jawa Timur memberlakukan pelayanan masyarakat dengan sistem online melalui aplikasi J-KOPI atau Jember Kota Pintar. Aplikasi ini bisa didownload melalui google play store dan app store.

Kepala Diskominfo Pemkab Jember, Bobby Arie Sandy mengatakan bahwa aplikasi J-KOPI bagian dari upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan publik.

“Jumlah masyarakat di Jember sangat banyak, 2,6 juta jiwa. Kemudian jarak beberapa desa ke kota sangat jauh sekali. Beberapa warga juga ada yang bekerja harian, nah jika mereka harus pergi ke Kota Jember, untuk mengurus surat atau dokumen, maka mereka akan kehilangan upah dalam sehari,” ujar Bobby saat menjadi narasumber di program SAPA JEMBER KompasTV Jember, pada Kamis (8/12/2022).  

Baca Juga: Aplikasi SI KEREN dan J-KOPI Tingkatkan Kinerja ASN dan Pelayanan Publik di Jember

Ide atau inisiatif pembuatan aplikasi J-KOPI muncul saat pandemi covid-19 melanda Indonesia, sehingga seluruh pelayanan tatap muka dihentikan. Saat itulah, Dinas Kominfo mencoba membuat aplikasi layanan publik yang terhubung dengan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Pemerintah Kecamatan dan Desa.   

Menurut Bobby Arie Sandi, Aplikasi J-KOPI mirip dengan proses bisnis, dimana Dinas Kominfo sebagai penyedia layanan yang terhubungan dengan pemilik warung, yakni OPD. Pembeli, dalam hal ini warga, cukup berkunjung ke aplikasi J-KOPI untuk mendapatkan layanan dari masing-masing OPD yang ada.

Baca Juga: ASN Jember Urus Administrasi Kepegawaian Melalui J-Silakon, Lebih Mudah dan Cepat

 

#PemkabJember #DinasKominfoJember #JemberKotaPintar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x