Kompas TV regional berita daerah

Air Banjir Terus Meninggi, Warga Terjebak Banjir Dievakuasi

Kompas.tv - 7 Desember 2022, 11:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kulon Progo, Yogyakarta, puluhan rumah warga di Kalimenur, Sentolo, terendam banjir. 

BPBD Kabupaten Kulon Progo dengan Basarnas Yogyakarta langsung menerjunkan dua unit perahu karet di Desa Kalimenur, Sentolo, untuk melakukan evakuasi warga yang masih terjebak banjir di daerah tersebut. Upaya penyelamatan warga inipun terpaksa dilakukan lantaran kondisi banjir yang terus meninggi sejak Senin (5/12/2022) petang.

Meski upaya evakuasi petugas sempat terhambat karena banyak warga yang enggan meninggalkan tempat tinggal mereka, namun setelah dibujuk petugas akhirnya mereka mau dievakuasi menggunakan perahu karet. Hingga Selasa (6/12/2022) dini hari, ada tiga lokasi evakuasi menggunakan perahu karet di daerah Kalimenur, Sentolo.

Dari tiga lokasi tersebut, petugas mampu mengevakuasi 10 orang, terdiri dari empat balita, enam orang dewasa, lansia, dan difabel. Untuk balita dibawa ke rumah kerabat yang aman, sementara dua lansia harus dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama akibat terserang hipotermia dan sesak napas.

"Genangan air setinggi dada orang dewasa," kata Ari Herman Susilo, Koordinator Lapangan Pusdalops BPBD Kulon Progo.

Hingga Selasa (6/12/2022) dini hari, banjir masih menggenangi sejumlah titik di Kabupaten Kulon Progo meskipun berangsur mulai surut.

#kulonprogo #banjir #bpbd

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x