Kompas TV regional berita daerah

Tahun 2022 PT Agincourt Resources Operasi 827 Mata Secara Gratis

Kompas.tv - 25 November 2022, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - PT Agincourt Resources (PTAR) pengelola Tambang Emas Martabe, menutup bakti sosial operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia." Sebanyak 827 mata buta katarak berhasil dioperasi dan disembuhkan lewat 7 putaran operasi di Tapanuli Selatan dan Kota Medan, Sumatra Utara, sepanjang September hingga November 2022.

 

Warga sekitar Tambang Emas Martabe Tapanuli Selatan hingga warga Kota Medan dan sekitarnya, antusias mengikuti kegiatan operasi gratis. Hal ini terlihat dari jumlah mata yang dioperasi melebihi target awal, di angka 600 mata.

 

Kegiatan operasi gratis yang menjadi agenda tahunan PTAR merupakan bukti konkret PTAR dalam mendukung bidang kesehatan masyarakat, terutama masyarakat pra-sejahtera.

 

Penutupan bakti sosial ini berlangsung pada hari Kamis (24/11) yang berlangsung di RS Khusus Mata Mencirim 77 Medan.

 

Penerima manfaat yang menjalani operasi katarak pada Tahun 2022 berasal dari berbagai kabupaten/kota, seperti Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Medan, Deli Serdang, dan Langkat. Sebanyak 20 pasien yang berdomisili di Tapanuli Selatan dengan kondisi khusus dibawa ke RS Mencirim 77 Medan untuk dioperasi.

 

Pasien asal Kabupaten Langkat, Alfandi Wijaya mengalami katarak sejak bayi umur 4 bulan. Ibundanya Rohana, sangat berharap anaknya dapat melihat jelas dan bermain lincah seperti anak-anak lain. Namun saat itu belum melakukan operasi, sebab selain terkendala biaya, Rohana belum berani karena menganggap anaknya saat itu masih kecil.

 

Bertahun-tahun sudah Rohana menanti mata Alfandi normal melihat. Mendapat informasi adanya operasi katarak gratis, Rohana langsung mendaftarkan anaknya.

 

Pasien termuda tahun ini berumur umur 14 bulan, asal Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan. Mutiara Nur Olivia menderita katarak di kedua matanya dan harus menjalani operasi ke Kota Medan. Ibundanya, Epaliani sudah sempat mengumpulkan tabungan untuk biaya operasi katarak anaknya, bersama suaminya yang bekerja sebagai buruh perkebunan sawit.

 

Mendapat kesempatan mengikuti operasi katarak gratis dari PTAR, Epalina sangat terbantu dan bersyukur bisa lebih cepat melaksanakan operasi kepada anaknya.

 

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono menegaskan bahwa operasi katarak yang diadakan PTAR kepada warga pra-sejahtera penting dilakukan untuk menekan prevalensi buta akibat katarak yang cukup tinggi di Sumatra Utara.

 

Pasien yang didatangkan ke Medan dengan disertai pendamping masing-masing, tidak mengeluarkan dana sepeserpun, karena seluruh biaya transportasi dan akomodasi ditanggung PTAR. (*)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x