Kompas TV regional berita daerah

Pertama di Indonesia, Robot Pemain Catur Tiru Gerak Otak Manusia

Kompas.tv - 21 November 2022, 12:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Jika biasanya permainan catur dilakukan oleh dua orang, namun siapa yang menyangka jika permainan catur juga bisa dimainkan antara robot dengan manusia. Sebuah universitas swasta di Kota Semarang berhasil menciptakan robot pemain catur yang bisa melawan manusia. Bahkan ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia atau Percasi Jawa Tengah dan Kota Semarang dibuat tak berkutik saat melawan robot pemain catur ini.

Rektor Universitas Dian Nuswantoro atau Udinus Semarang, Edi Noersasongko, mengklaim, robot pemain catur merupakan yang pertama di Indonesia. Dia mengaku bersyukur akhirnya robot ini berhasil dibuat, sebab perlu waktu hingga dua tahun untuk membuat robot pemain catur, dengan segala kendalanya.

Tujuan pembuatan robot pemain catur ini untuk menggairahkan dunia percaturan di Indonesia dan untuk menerapkan ilmu robotik yang dimiliki. Sebab biasanya robot hanya meniru gerak tangan atau kaki saja, sedangkan robot yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) ini, bisa meniru gerak pikiran manusia.

"Untuk menaikan gairah permainan catur di Indonesia dan Jawa Tengah. Yang kedua kami juga ingin mencoba ilmu kami apakah bisa membuat robot, karena biasanya robot hanya dapat menirukan gerakan tangan dan gerakan kaki, tetapi kali ini adalah gerakan pikiran," ujar Edi.

Ketua Percasi Jawa Tengah, Andi Tamrin, mengatakan, pembuatan robot catur ini dinilai merupakan terobosan yang luar biasa. Bahkan dia mengakui kekalahan pertamanya dengan robot catur.

"Terobosan yang sebenarnya sangat sederhana namun menjadi luar biasa yang seharusnya dibuat oleh kampus-kampus lain, tetapi Udinus melakukan terobosan yang luar biasa," ujar Andi.

Ke depan robot pemain catur ini akan digunakan sebagai sarana latih tanding bagi para atlet Catur Jawa Tengah.

#robot #catur #percasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x