Kompas TV regional berita daerah

Soal Wadas, Ganjar Dapat Catatan Positif

Kompas.tv - 14 November 2022, 11:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui usai melakukan kunjungan kerja di Mapolda Jawa Tengah, Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi memberi catatat positif kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam menangani kasus di Desa Wadas. Komisi III menilai ganjar telah merencanakan dengan baik sehingga prosesnya berjalan lancar.

Komisi III mengapresiasi, bahwa semua rekomendasi yang diberikan, semuanya hampir dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut dibuktikan dari kunjungan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo pada Kamis (10/11/2022) kemarin, dan banyak menemukan hal-hal positif dalam proses penyelesaian.

"Berdasar catatan rekomendasi, hampir semua terpenuhi. Dari catatan itu, kemarin saat kami di lapangan menemukan banyak hal-hal positif dalam proses penyelesaian. Walaupun masyarakat banyak yang masih menerima apa adanya, ada yang menerima dengan catatan, ada yang menolak," ujar Desmond.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Forkopimda sepakat dan berkomitmen melaksanakan penyelesaian kasus Wadas dengan pendekatan personal. Ganjar menambahkan perlu menghitung bahwa kebutuhan quarry yang di Wadas tersebut, hanya untuk bendungan tidak untuk yang lain. Terkait pembayaran ganti rugi pada warga yang terdampak telah mencapai 92 persen, saat ini masih tersisa 42 bidang yang belum mencapai kesepakatan dan menerima uang ganti untung.

"Mengingatkan kepada kita, betul yang disampaikan beliau, catatan guru sudah dilaksanakan atau belum. Kami bersama Kapolda, Kajakti, dan Pangdam sepakat yang sifatnya false tidak lagi digunakan. Pendekatannya personal, saya dan warga berdialog," Jelas Ganjar.

"Diingatkan juga oleh Komisi III penting sekali, bahwa PUPR di sektor yang memiliki pada akhirnya setelah membeli, maka jangan sampai diperjualbelikan dengan cara yang keliru," sahutnya.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi juga menegaskan komitmen jajarannya mengawal terlaksananya proyek vital nasional, pihaknya melakukan pendampingan dan pengawasan. Pendampingan dilakukan agar tidak terjadi suatu pelanggaran, dengan cukup diingatkan dan tidak perlu dilakukan suatu tindakan pidana.

#wadas #ganjar #desmond 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x