Kompas TV regional berita daerah

Warga Dilatih Olah Gulma Jadi Pupuk dan Biogas

Kompas.tv - 4 November 2022, 11:28 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV Mengatasi banyaknya eceng gondok yang mengakibatkan pendangkalan pada Waduk Cengklik hal ini, warga Dukuh Turibang, Desa Sobokerto dilatih oleh Pertamina mengolah tanaman gulma ini menjadi lebih bermanfaat seperti pupuk organik dan biogas. 

 

Ketua Pokmas Ngudi Tirto Lestari, Turut Raharjo, mengatakan, pihaknya mendapat pelatihan dari Pertamina untuk membuat pupuk organik padat dan cair, serta biogas menggunakan bahan baku dari hama eceng gondok. Bahkan pupuk padat dari enceng gondok karya Pokmas ini sudah diimplementasikan bagi tanaman bayam dan kangkung mereka sendiri. 

 

Dia mengklaim saat menggunakan pupuk organik ini panen sayuran para anggota Pokmas maju lebih awal tiga hari dibanding menggunakan pupuk kimia. Selain itu daun tanaman juga lebih bagus dan lebar saat menggunakan pupuk organik ini. Dia berharap kedepan pupuk organik dan biogas ini bisa berhasil dan mandiri energi, serta menjadi ditiru daerah lain. Selain itu, pelatihan mengolah eceng gondok ini bisa menjadi solusi masalah yang selama ini menjadi momok warga Waduk Cengklik. 

 

Sementara itu, Community Development Officer PT Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sumarmo, Siti Fatonah, mengatakan, CSR pembuatan pupuk dan biogas dari eceng gondok di Dukuh Turibang Desa Sobokerto oleh PT Pertamina DPPU Adi Sumarmo ini bukan asal saja. Namun pihaknya sudah melakukan kajian sosial mapping sebelumnya, yakni mengurai masalah eceng gondok yang menyebabkan sedimentasi Waduk Cengklik. 

 

Selama ini eceng gondok hanya dikeruk dan dibuang saja, padahal eceng gondok bisa diolah menjadi pupuk organik dan biogas. Diharapkan kedepan tercipta kemandirian energi pada masyarakat setempat, minimal untuk mencukupi kebutuhan gas rumah tangga mereka sendiri. Sedangkan pupuk organik eceng gondok ini, selain untuk mencukupi kebutuhan warga yang kebanyakan petani, diharapkan juga bisa memiliki nilai ekonomis jika sudah bisa diproduksi secara massal. 

 

Bantuan pelatihan kepada kelompok masyarakat setempat oleh PT Pertamina DPPU adi sumarmo yakni dengan studi banding ke Desa seruni yang sudah Proklim (Program Kampung Iklim), dan dilakukan sampai Pokmas Ngudi Tirto Lestari benar-benar bisa. Selain itu pihaknya memberikan bantuan sarana prasarana pendukung untuk proses pembuatan pupuk dan biogas dari bahan eceng gondok ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x