Kompas TV regional peristiwa

Perahu yang Angkut 16 Santri Tenggelam di Sungai Kapuas, Ada Speedboat Ngebut sebelum Kejadian

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 10:06 WIB
perahu-yang-angkut-16-santri-tenggelam-di-sungai-kapuas-ada-speedboat-ngebut-sebelum-kejadian
Ilustrasi. Satu unit perahu yang mengangkut 16 santri tenggelam di Sungai Kapuas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Jumat (28/10/2022). Satu orang dinyatakan hilang. (Sumber: THINKSTOCK.COM)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Satu unit perahu yang mengangkut 16 santri tenggelam di Sungai Kapuas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Jumat (28/10/2022). Satu orang dinyatakan hilang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak (SAR) Yopi Haryadi mengatakan, peristiwa itu bermula saat sebagian siswa melakukan susur sungai menggunakan sampan motor pada pukul 10.00 WIB.

"Siang tadi, sebuah sampan bermotor (sampan kato) tenggelam di Sungai Kapuas, sekitar Jembatan Kapuas II Kubu Raya," tutur Yopi, Jumat sore, dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, saat perahu itu melaju, dari arah berlawanan melintas satu speedboat dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Banjir Merendam Lampung Selatan hingga 2 Meter, 2 Bocah Meninggal Tenggelam


Speedboat yang melintas dengan kecepatan tinggi itu lantas menyebabkan adanya gelombang tinggi yang menghantam perahu tersebut. Perahu itu pun hilang kendali, terbalik, dan akhirnya tenggelam.

"Tiba-tiba dari arah yang berlawanan melintas sebuah speedboat dengan kecepatan tinggi dan berdampak terjadinya gelombang tinggi," jelas Yopi sebagaimana dilansir Tribunnews.

"Dikarenakan sampan kato muatan penuh, akibatnya juru mudi tidak bisa menjaga keseimbangan dan sampan kato tenggelam," lanjutnya.

Satu orang dinyatakan hilang, sementara 15 lainnya selamat.

Salah satu penumpang dinyatakan tenggelam dan diketahui bernama Yopi Pranata (28), asal Bengkayang.

"Yang hilang itu santri atas nama Yopi Pranata, umurnya kira-kira sekitar 28 tahun dari Bengkayang," kata salah satu santri, Fadil (16).

Tim SAR gabungan dan sejumlah personel kepolisian telah dikerahkan untuk melakukan penyisiran dan pencarian di sekitar lokasi terbaliknya perahu.

Baca Juga: Terpeleset dan Jatuh ke Sungai, Seorang Bocah Tewas Tenggelam

"Satu tim rescue telah diberangkatkan menggunakan 1 (satu) RIB dilengkapi dengan peralatan scuba set, peralatan navigasi dan evakuasi, selanjutnya tim ini akan melakukan pencarian terhadap korban," kata Yopi.



Sumber : Kompas.com/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x