Kompas TV regional berita daerah

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Membangun Sanitasi Bersih

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 12:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pembangunan sanitasi dan sarana pendukungnya dilakukan di wilayah Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Dana kemanusiaan Kompas yang mengelola sumbangan serta donasi dari masyarakat menyalurkan dana sebesar Rp 193.387.000 untuk pembangunan ini.

Ada 26 jamban sehat individu termasuk septic tank yang dibangun. Kemudian ada sistem pengolahan air limbah domestik setempat, satu unit untuk sepuluh rumah. Selain itu juga akan dibuat sembilan sambungan dari rumah ke sistem pengolahan air limbah domestik Kota Solo. Ini merupakan bentuk dukungan kepada program pemberantasan stunting yang dilakukan pemerintah.

"Jadi ada tiga macam, yaitu sistem pengolah air domestik setempat, jamban dan septic tank, dan yang ketiga adalah sambungannya. Harapan dari program ini adalah kualitas kebersihan, kemudian masyarakat menjadi lebih baik, sehingga tidak ada lagi anak yang menderita diare dan sakit," ujar Tomy Trinugroho, Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas.

Lokasi yang dipilih berada di RW 2 dan 3 yang memang belum tersentuh pembangunan sanitasi. Selama ini warga memanfaatkan mck umum bahkan ada yang langsung membuangnya ke saluran menuju sungai. Jadi memang sangat dibutuhkan, adanya sanitasi yang layak dan bersih.

"Selama ini warga masih menggunakan sanitasi yang seadanya. Kadang ada yang langsung dibuang ke saluran air. Saya yakin program ini akan memberikan banyak manfaat baik bagi masyarakat," ujar Nurochman, Lurah Mojo.

Warga pun merasa terbantu dengan adanya pembangunan sanitasi ini. Mereka siap merawat dan menjaga fasilitas ini agar tetap bermanfaat dalam jangka waktu lama. Sebab mereka selama ini harus susah payah untuk mendapatkan fasilitas buang air besar di daerah ini.

"Saya mengucap terimakasih. Semoga menjadi berkah barokah. Bisa dipakai selamanya," ujar Wulan Lestari, Warga Mojo.

Dana Kemanusiaan Kompas menggunakan hasil donasi masyarakat untuk membantu penanggulangan masalah sosial salah satunya kemiskinan. Dan program sanitasi bersih sehat ini, diharapkan mampu membantu warga untuk lebih sehat. Namun yang paling penting, fasilitas ini harus dirawat agar terus bermanfaat.

 

#sanitasi #kemanusiaan #kompas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x