Kompas TV regional kesehatan

Cara Menanggapi Orang Terdekat yang Punya Isu Mental Health

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 10:18 WIB
cara-menanggapi-orang-terdekat-yang-punya-isu-mental-health
Mental Health tidak bisa dianggap remeh, kenali yang harus dilakukan! (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPASTV - Sama halnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga dapat drop secara tiba-tiba hingga memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Hal ini menjadi tanda bahwa peduli terhadap kestabilan mental juga harus dilakukan setiap orang tanpa terkecuali.

Kesadaran akan pentingnya kesehatan mental juga menjadi isu hangat akhir-akhir ini. Penderita gangguan mental yang mulai berani bahkan menormalisasi untuk tidak malu membagikan kisahnya di sosial media membuat kesadaran akan hal ini turut meningkat.

Kondisi serius yang bisa dirasakan oleh tiap penderitanya membuat kita harus waspada jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada orang terdekat kita. Namun, hal ini tentu tidak mudah, terlebih kita juga merasa tidak berdaya untuk membantu.

Pertanyaan-pertanyaan layaknya "Apa yang terjadi jika mereka menolak bantuan saya?", atau "Bagaimana jika saya malah memperburuknya?" pasti membebani kita. Lagi pula, kita bukan terapis terlatih bukan?

Hal ini juga kita rasakan saat sahabat kita mengalami isu serupa. Siniar Anyaman Jiwa membahas hal ini dalam episode “Kalau Bestie Punya Isu Mental Health” atau klik dalam tautan ini https://spoti.fi/3xVlZip untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

Akan tetapi, saat dihadapkan pada kondisi melihat orang terdekat yang berjuang keras menghadapi penyakit mentalnya, diharapkan kita dapat membantu. Dalam kondisi tersebut, ia tidak lagi dapat meminta pertolongan, oleh karenanya inisiatif kitalah yang dapat membantu mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan jika mengetahui orang terdekat memiliki permasalahan mental dalam kondisi berat.

Baca Juga: Mengenal Quiet Quitting: Perilaku Kerja Lalu Pulang

1. Ketahui Apa Penyakit yang Diderita Orang Terdekatmu

Dengan mengetahui mengenai penyakit apa yang diderita dan gejala yang mungkin ditimbulkan, kita dapat memahami perasaan orang tersebut. Hal ini juga berguna untuk mengetahui apa yang selayaknya harus kita lakukan saat mereka menderita.

2. Kenali Tanda Peringatan Jika Kambuh

Tanda yang dimunculkan suatu penyakit dapat bervariasi. Beberapa contoh termasuk perubahan dalam tidur atau nafsu makan, penarikan diri dari interaksi sosial, atau masalah yang mungkin timbul di sekolah atau tempat kerja.

Mungkin akan ada gejala seperti penyakit medis umum. Untuk mengetahuinya, kita dapat mengajak mereka memeriksa dengan dokter untuk membantu memilah perubahan apa yang perlu dikhawatirkan. Penting untuk mengatasi peringatan ini sejak dini, karena gejala penyakit mental yang tidak diobati dapat memburuk seiring waktu.

Hal yang dapat dilakukan adalah menemani penderita dengan sabar. Jika tidak bisa selalu berada di sisinya, cukup berikan perhatian secara teratur padanya agar ia tidak merasa sendirian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x