Kompas TV regional sosial

Uluran Pembaca Kompas untuk Dunia Lansia yang Lebih Terang

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 04:55 WIB
uluran-pembaca-kompas-untuk-dunia-lansia-yang-lebih-terang
Penerima bantuan operasi katarak berfoto bersama dengan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati beserta tim dokter di RSUD RM Basoeni Kabupaten Mojokerto. (Sumber: Dok Kompas/Joni)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOJOKERTO, KOMPAS.TV - Sebanyak 55 lansia penderita katarak di Kabupaten Mojokerto kini bisa melihat dunia dengan lebih terang. Mereka dalam tiga hari ini bergiliran menjalani operasi katarak gratis berkat bantuan pembaca lewat Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Senyum cerah menghiasi wajah Fabilah (52). Pengajar di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) di Dusun Banci Desa Kemantren, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, itu senang bisa mendapatkan layanan operasi katarak gratis, Senin (24/10/2022). Ia berharap bisa kembali mengajar anak-anak di Taman Pendidikan Al Quran di desanya usai kondisi matanya kembali pulih.

Bagi Fabilah  bantuan operasi katarak sangat berarti karena selama tujuh bulan ini ia harus bergulat dengan persoalan “kabut” di matanya. “Saya sudah ke puskesmas untuk berobat dan dianjurkan untuk operasi katarak. Waktu tanya-tanya saya kaget karena biaya operasi bisa Rp6 juta sekali operasi di satu mata,” kata Fabilah saat ditemui di RSUD RM Basoeni Kabupaten Mojokerto. 

Tingginya operasi katarak sempat memupus harapan Fabilah untuk bisa mengajar kembali di TPA. Namun  sepekan yang lalu ia diberi tahu petugas di kantor desa bahwa akan ada operasi mata gratis. 

“Alhamdulillah ada kesempatan. Saya niatkan agar bisa mengajar lagi anak-anak TPA,” kata Fabilah yang berpenghasilan 300.000 setiap bulan dari TPA.

Baca Juga: YDKK Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan Timor Leste

Kegembiraan juga tergambar dari mata Khamim (73) warga Desa Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Ia berhasil menjalani operasi katarak dengan lancar, Senin (24/10) siang. 

Saat ditemui di ruang pasien RSUD Prof Dr Soekandar, ia masih mengenakan baju dan topi penutup operasi dengan mata kanan yang masih diperban. Namun ia sudah bisa duduk dan bersiap dijemput anaknya bersepeda motor untuk pulang ke rumah. 

Khamim tak menyangka operasi matanya hanya berjalan sekitar 15 menit tanpa rasa sakit. Ia bahkan bisa tertawa lepas mendengar gurauan petugas medis yang mendampinginya. “Jangan dikucek-kucek ya pak matanya, kalau kucek baju boleh,” pesan petugas medis itu.

Bagi Khamim, kata operasi yang menyeramkan ternyata tak seseram pikirannya. “Saya sempat tegang tapi ternyata ini melegakan,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x