Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Harapan Hidup Melalui Operasi Katarak

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 17:31 WIB
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - Penyakit katarak merupakan kondisi lensa mata mengalami kekeruhan yang ditimbulkan akibat reaksi biokimia yang secara alami. Penyakit ini kerap diderita para orang tua usia di atas 60 tahun.

Penyakit katarak juga ditemukan pada balita yang kemungkinan diakibatkan penyakit bawaan tertentu, kekurangan gizi, paparan sinar matahari, maupun akibat dari kecelakaan. Dokter spesialis mata RS Khusus Mata Mencirim 77 Syarifuddin mengatakan gejala katarak berupa penglihatan buram, silau pada sumber cahaya, dan sering mengganti ukuran kaca mata.

Dari hasil survei kebutaan rapid assessment of avoidable blindness Tahun 2014-2016 menyatakan prevalensi kebutaan akibat katarak mencapai 1,9 persen. Di Sumatera Utara, kebutaan pada penduduk usia di atas 50 tahun 80 persen disebabkan katarak.

Untuk penyembuhan katarak, satu-satunya cara yang dapat dilakukan hanya melalui operasi. Sebagai rasa tanggung jawab sosial, bekerja sama dengan RS Khusus Mata Mencirim 77, PT Agincourt Resources menggelar operasi katarak gratis bagi masyarakat Sumatera Utara.

Operasi dilakukan dengan teknik small incision cataract surgery dan teknik phacoemulsification yakni sistem sedot menggunakan mesin, sehingga hanya membutuhkan waktu singkat dalam proses operasi.

Senior Corporate Communications PTAR Katarina Siburian Hardono mengimbau agar warga memanfaatkan kesempatan operasi gratis ini, terutama bagi keluarga kurang mampu. Melalui operasi gratis ini, tidak hanya memulihkan penglihatan seseorang, tetapi juga meningkatkan harapan hidup.

Operasi gratis ini dijadwalkan akan berlangsung 2 kali lagi, yakni pada tanggal 12 November dan 23 November 2022. (*)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x