Kompas TV regional berita daerah

Waspada! Masa Pancaroba Picu Kenaikan Kasus Covid-19

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 11:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Perubahan cuaca dari panas ke hujan atau dari panas ke dingin bisa menyebabkan kondisi tubuh seseorang kurang prima, sehingga akan mudah tertular virus termasuk virus korona. Dinas Kesehatan Kota Semarang menyebut, angka kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Semarang saat ini mengalami kenaikan dari satu minggu sebelumnya.

Meskipun kenaikannya ini tidak signifikan, namun tetap harus diwaspadai, karena menurunnya imunitas seseorang di musim pancaroba dan masih di masa pandemi dengan adanya varian baru Covid-19, dapat menyerang dengan cepat kesehatan kita. Mewaspadai adanya kenaikan kasus Covid-19 pada musim pancaroba, Dinas Kesehatan Kota Semarang memberikan imbauan secara langsung kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat.

"Secara total memang di angka 71. Kota Semarang jumlah pasiennya ada 43. Memang kalau dibandingkan minggu-minggu sebelumnya, kasus dalam seminggu ini ada kenaikan tetapi tidak signifikan. Sehari jumlah tambahan kasusnya mungkin masih dibawah 10," ungkap Abdul Hakam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang.

"Ini kan masih pancaroba, kalau pancaroba seperti ini mau virus mau bakteri pasti tumbuhnya akan lebih cepat, yang kedua, dari sistem kekebalan tubuh masyarakat juga pastinya disaat musim pancaroba seperti ini turun," lanjutnya.

Sementara untuk meningkatkan imunitas tubuh guna mencegah masuknya virus, perlu dilakukan vaksinasi Covid-19. Namun kondisi ini tidak diimbangi dengan ketersediaan dosis vaksin. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kiriman vaksin dari pemerintah provinsi maupun pusat, sehingga menyebabkan ketersediaan vaksin di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Tengah menipis hingga kosong.

#pancaroba #covid19 #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x