Kompas TV regional berita daerah

Bayi 11 Bulan di Lampung Terkonfirmasi Gagal Ginjal Akut

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 12:41 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, mengkonfirmasi satu bayi berusia sebelas bulan warga Kota Bandar Lampung yang menderita gagal ginjal akut.

Saat ini bayi tersebut tengah dirawat secara intensif dirumah sakit Abdul Moeloek.

Atas temuan kasus ini, dinas kesehatan telah melakukan langkah penyelidikan epidemologi terhadap kasus tersebut, lalu mengambil sampel spesimen berupa darah dan urin hingga swab pada pasien, serta memeriksa semua jenis obat yang telah dikonsumsi.

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut, Apotek Tarik Sejumlah Obat Sirop Anak

Dari hasil pemeriksaan tersebut, kepala dinas kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan ada cemaran etilen glikol dan dietilon glikol melebihi ambang batas dalam obat cair sirup yang beredar di Indonesia yang menjangkiti pasien balita usia 11 bulan di Lampung.

Saat ini ada beberapa jenis obat sirop yang mengandung senyawa etilen glikol dan dietilen glikol melebihi ambang batas yang sudah ditarik dari peredaran,

Diantaranya Termorex, Flurin DMP, Unibebi demam, Unibebi caugh dan Unibebi caugh demam.

Warga diimbau untuk tidak panik, dan dapat segera menghubungi petugas kesehatan bila mendapati anak yang sakit agar segera diberi pertolongan kesehatan dan anjuran obat sesuai arahan dokter.

#gagalginjal #lampung #ginjalanak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x