Kompas TV regional peristiwa

BMKG: Samarinda akan Diguyur Hujan Sabtu-Minggu Ini, Awas Potensi Banjir dan Longsor!

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 06:32 WIB
bmkg-samarinda-akan-diguyur-hujan-sabtu-minggu-ini-awas-potensi-banjir-dan-longsor
Ilustrasi. BMKG memprakirakan Kota Samarinda, Kalimantan Timur akan diguyur hujan disertai petir dan berpotensi dilanda angin kencang pada Sabtu (22/10/2022) dan Minggu (23/10/2022).(Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kota Samarinda, Kalimantan Timur akan diguyur hujan disertai petir dan berpotensi dilanda angin kencang pada Sabtu (22/10/2022) dan Minggu (23/10/2022).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid menuturkan, kondisi cuaca tersebut bisa menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor.

“Sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Idham di Balikpapan, Sabtu (22/10/2022), dikutip dari Antara.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun Kota Samarinda sehingga dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalkan dampaknya terhadap masyarakat.


Hujan Ringan pada Sabtu

Idham menjelaskan, pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.00 Wita, hujan ringan berpotensi terjadi pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran dan Kecamatan Samarinda Seberang dengan suhu berkisar 23-29 derajat Celsius, kelembapan udara antara 65-100 persen.

Sekitar pukul 11.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan

Selanjutnya sekitar pukul 14.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Kecamatan Samarinda Seberang.

Hujan Petir pada Minggu

Kemudian pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran dan Samarinda Seberang.

Pada hari dan jam yang sama, enam kecamatan di Kota Samarinda diprakirakan akan diguyur hujan ringan, yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan.

"Pada Minggu pagi sekitar pukul 05.00 Wita, hujan ringan berpotensi terjadi pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Kecamatan Samarinda Seberang," ujar Idham.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x