Kompas TV regional berita daerah

Kendalikan Banjir di Semarang, 52 Rumah Pompa Disiagakan

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 10:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV -  Menghadapi intensitas curah hujan yang tinggi yang dimungkinkan dapat menyebabkan banjir. Sebanyak 52 rumah pompa dengan 119 unit pompa di Kota Semarang disiagakan dan siap digunakan untuk mengendalikan banjir.

Seperti rumah pompa kali Semarang, pada musim penghujan, jumlah sampah yang terbawa aliran air akan bertambah, sehingga akan menghambat masuknya air yang akan diteruskan ke laut.

Untuk itu petugas di rumah pompa akan membersihkan sampah yang terjaring saringan besi sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu, petugas juga memastikan kondisi pompa tidak rusak, sehingga dapat digunakan secara optimal.

"Sebanyak 52 rumah pompa, dengan 119 pompa di dalamnya insyaallah saat ini dalam kondisi ready dan bersiap apabila nanti terjadi hujan yang cukup lebat. Di seluruh wilayah Kota Semarang sudah kita optimalkan semua rumah-rumah pompa tersebut. Insyaallah kita dari DPU Kota Semarang, sudah siap menghadapi musim penghujan," jelas Hisam Ashari, Sub Koordinator Operasi dan Pemeliharaan Drainase DPU Kota Semarang.

Beberapa wilayah yang patut diwaspadai kerap terjadi banjir di Kota Semarang yakni wilayah Semarang Timur dan Semarang Barat. Sehingga semua drainase dipastikan aktif. Pemerintah Kota Semarang juga telah menyiapkan karung pasir untuk berjaga-jaga jika ada sungai atau tanggul di Kota Semarang yang jebol.

#rumahpompa #dpu #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x