Kompas TV regional berita daerah

Ruang Kelas Rusak Siswa Belajar Beralaskan Terpal

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 15:50 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT, KOMPAS.TV - Beginilah kegiatan belajar mengajar atau KBM yang terjadi di SDN Majasari Iii, Desa Majasari, Kecamatan Cibiuk, Garut, Jawa Barat.Sudah enam bulan lamanya, mereka harus melangsungkan kegiatan belajar di halaman terbuka yang hanya beralaskan terpal lantaran tiga ruang kelas di sekolah tersebut rusak parah dan tak kunjung diperbaiki oleh pemerintahan Kabupaten Garut.

Selain tak nyaman lantaran berdebu dan berisik, tak jarang proses belajar pun terganggu dan dihantui rasa takut karena adanya hewan berbahaya berkeliaran di sekitar sekolah, terlebih posisi sekolah berdekatan dengan lahan perkebunan warga. 

Pihak sekolah, mensiasati kekurangan ruang kelas dengan cara shift jadwal belajar, dan memanfaatkan ruang perpustakaan yang sempit.Salah seorang siswi kelas v SDN Majasari III, Titin Partini mengaku  belajar di luar kelas tidak nyaman, dan berharap secepatnya kelasnya diperbaiki.

Sementara itu, Amir Husen, salah satu guru menyatakan di sekolahnya terdapat tiga ruang kelas yang rusak dan tidak layak pakai.Kondisi ini sudah lama dibiarkan dan belum ada perbaikan sehingga halaman sekolah menjadi alternatif untuk belajar meskipun kegiatan belajar mengajar tidak efektif.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x