Kompas TV regional berita daerah

Festival Menghias Tanggui 2022 Diikuti Ratusan Warga di Banjarmasin

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 06:23 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Membawa tikar dan tanggui, warga di Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, beramai-ramai mengikuti Festival Menghias Tanggui, sabtu pagi (15/10/2022).

Tanggui itu sendiri merupakan topi atau tudung kepala khas masyarakat Banjar yang terbuat dari daun pandan, nipah ataupun rumbia.

Tanggui dan cat disediakan panitia festival kali ini. 

Baca Juga: Keseruan Emak-Emak, Semangat Ikut Lomba Panjat Pinang Khusus Wanita di Sungai Gampa Banjarmasin

Ternyata pesertanya pun bukan hanya warga setempat namun datang pula dari penjuru lain di Kota Banjarmasin baik kalangan pelajar hingga masyarakat umum.

Tua muda pun asik duduk lesehan beralas tikar di sepanjang jalan sembari menuangkan ide dan kreasi di tangguinya masing-masing.

Sebab bagi peserta yang berhasil menghias tanggui terbaik sesuai kriteria panitia akan ada hadiah kejutan yang didapatkan.

Kendati di balik itu semua, seorang warga, Lili Halim, yang menjadi peserta Festival ini, mengaku mengikutnya karena rasa memiliki akan budaya dan berharap tanggui dapat dilestarikan.

Lili yang tergabung dalam grup yang dinamakan "Ibu-ibu rempong" tersebut bahkan tampil tidak separuh-separuh.

Bersama rekan ibu-ibu lainnya, mereka mengenakan gaya busana layaknya masyarakat tradisional yang kesehariannya di sungai dan di sawah, lengkap dengan 'pupur dingin' dan sarungnya.

"Karena saya orang Banjarmasin harus saya membudidayakan tanggui, orang Banjar harus tau tanggui," soraknya.

Festival ini masih merupakan rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin ke-496, sehingga jumlah pesertanya juga disesuaikan jumlah tanggui yang disediakan yaitu mencapai 496 buah.

Bukan sekedar pelestarian budaya, menghias tanggui menurut Lurah Kuin Utara, Endang Anggraini Norfah, adalah juga upaya meningkatkan nilai jual tanggui dan memperkenalkannya lebih luas.

Sebab tanggui penggunaannya makin tergerus zaman dan kian terlupakan.

"Untuk meningkatkan nilai tambah UMKM tanggui, karena yang membuat tanggui ini orang-orang tua, semoga anak muda juga terinsipirasi," ucap Endang.

Baca Juga: Unik! Fashion Show dengan Kearifan Lokal, Justru Kenakan Pakaian Khas Warga Pesisir Sungai di Kalsel

Festival Menghias Tanggui yang digelar di depan kawasan wisata religi Makam Sultan Suriansyah, Banjarmasin Utara ini rencananya akan jadi agenda rutin tahunan.

Sehingga dapat meningkatkan potensi wisata setempat dan memotivasi pembuat tanggui di Kuin Utara untuk terus berinovasi membuat tanggui yang lebih menarik dan bernilai ekonomis tinggi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x