Kompas TV regional berita daerah

Unik! Fashion Show dengan Kearifan Lokal, Justru Kenakan Pakaian Khas Warga Pesisir Sungai di Kalsel

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 07:28 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Menggunakan pernak pernik kearifan lokal Khas Banjar seperti topi purun, tapih bahalai dan pupur dingin puluhan peserta ikuti fashion show bertajuk Banua Botanical Fashion Week di Kebun Raya Banua Banjarbaru.

Meski sempat tertunda beberapa jam dari jadwal dan harus berpindah lokasi karena hujan, namun tidak mengurasi antusias peserta dan kemeriahan.

Baca Juga: Semarak Turnamen E-Sport Sambut Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Banjarbaru

Acara ini digelar dalam rangka hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus hari kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusias peserta diluar ekspektasi kita, melebihi ekspektasi kita. Pesertanya 30 dari berbagai kalangan usia,” ungkap ketua pelaksana BBFW, Andhika.

Seorang peserta mengaku pertama kali mengikuti lomba fashion show dan sengaja datang dari rantau kabupaten tapin untuk dapat berkontribusi melestarikan Budaya Khas Banua.

“jadi ini terinspirasi dari mama, pakai tapih, telungkup ini, terus pakai daster dan pakai tangguh buat menjemur iwak. Ini pupur bagiling,” ucap Hasbah, seorang peserta fashion show.

Baca Juga: Demi Jaga Perbatasan NKRI, Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Tinggalkan Keluarga

Juara fashion show ini akan mendapatkan hadiah berupa jam tangan dan tas branded yang bernilai jutaan rupiah.

Diharapkan anak-anak muda tidak memandang kearifan lokal khas banjar sebagai hal yang tertinggal atau terbelakang dan dapat terus dilestarikan melalui kegiatan seperti ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x