Kompas TV regional berita daerah

Gali Skill Penyelamatan di Gedung, BPBD Banjarmasin Ajak Relawan Latihan Vertical Rescue

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 05:52 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Langkah antisipasi penanganan bencana terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin dalam berbagai medan, termasuk jika bencana terjadi di ketinggian seperti gedung.

Mengajak serta tim Damkar Pemko dan swasta, PMI serta komunitas, BPBD Banjarmasin latihan pertolongan dari ketinggian atau vertical rescue.

Baca Juga: Desa Matang Hanau Jadi Sasaran TMMD ke-115 Kodim 1001/HSU-Balangan

Latihan ini dinilai penting karena mengingat di Banjarmasin juga merupakan kota besar dengan gedung-gedung bertingkat, sehingga perlu keterampilan vertical rescue jika bencana terjadi seperti kebakaran di gedung lantai tinggi.

Sementara, pada pelatihan ini, Instruktur Vertical Rescue, Fachmi Arta, menekankan tidak hanya kemampuan menyelamatkan orang lain yang diperhatikan, namun juga keselamatan diri saat bertugas. 

"Intinya bagaimana saat betaktivitas, akses keselamatan ditingkatkan. Jangan sampai jiwa sosialnya saja yang tinggi, tapinilmu pengetahuannya tidak ada," ucapnya.

Pelatihan ini disambut baik peserta, di antaranya seorang relawan yang turut jadi peserta, Khusmayati.

Sebab pengetahuan dan keterampilan vertical rescue akan berguna jika sewaktu-waktu diperlukan.

"Kreatif BPBD mengadakan pelatihan seperti ini, tentunya akan berguna jika memang suatu saat diperlukan," ungkapnya. 

Baca Juga: Jalan Titian Kayu Pulau Bromo Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Terpaksa Harapkan Sumbangan

Lebih lanjut, pelatihan ini menurut Kalak BPBD Banjarmasin, Fahrurraji, ditujukan agar petugas BPBD, damkar dan relawan ke depan semakin siap dan sigap dalam menjalankan tugas di berbagai kondisi.

Sehingga dengan pembekalan ini kehadiran petugas semakin bermanfaat bagi masyarakat.

"Ilmu ini jadi modal jika terjadi bencana, mereka tahu minimal bagaimana melakukan tindakan penyelamatan. Jangan sampai mereka melakukan penyelamatan, mereka sendiri mengabaikan keselamatan," tutup Kalak BPBD Banjarmasin. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x