Kompas TV regional berita daerah

LEUHANG, SAUNA TRADISIONAL KHAS ORANG SUNDA

Kompas.tv - 17 Oktober 2022, 21:25 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG.KOMPAS.TV,- Masyarakat Sunda memiliki tradisi memanfaatkan tumbuhan untuk memelihara kesehatan atau mengobati penyakit, salah satu pengetahuan lokal dan praktik terkait hal tersebut dikenal dalam bahasa sunda dengan nama leuhang

Leuhang adalah sebuah terapi tradisional kalangan masyarakat Sunda masa lalu, di jaman modern seperti sekarang leuhang mulai langka alias sulit ditemui apalagi di perkotaan.

Di beberapa kampung pun belum tentu masih dilestarikan, padahal leuhang ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh

Terapi leuhang mirip dengan sauna, bedanya leuhang memanfaatkan beberapa daun-daunan rempah-rempah, seperti daun salam, sereh, wangi daun pandan,  daun cengkeh, daun sirih, kayu manis, dan lainya. Semua rempah itu dimasukkan ke dalam rebusan air, hasilnya lalu bisa digunakan dengan cara dimandikan atau dengan cara di uapkan.


saat ini karya budaya warisan leluhur orang Sunda ini sudah sangat berkurang,  namun di tengah kondisi makin berkurangnya pengetahuan tentang leuhang di masyarakat, terdapat beberapa orang kreatif yang melakukan pelestarian mata budaya leuhang dengan membuka terapi leuhang sebagai peluang usaha.

Seperti disaat cuaca ektrim sekarang ini banyak orang melakukan upaya agar tidak mudah jatuh sakit selain berolahrga dan mengkonsumsi vitamin terapi bisa jadi alternatif.

Untuk menjalani terapi leuhang dianjurkan tidak lebih dari 15 menit karena jika terlalu lama dikhawatirkan akan menyebabkan dehidrasi.

Hal positif lainnya yang ada di tempat ini adalah pengunjung tidak dipatok tarif untuk terapi leuhang pengunjung tinggal merogoh kocek seikhlasnya ke tempat yang telah disediakan menarik bukan?? anda ingin mencobanya ?

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah ini:

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x