Kompas TV regional berita daerah

PLN Sosialisasi Kendaraan Listrik di Provinsi Sumatera Selatan Lewat Ajang Drag Race dan Drag Bike

Kompas.tv - 15 Oktober 2022, 21:10 WIB
pln-sosialisasi-kendaraan-listrik-di-provinsi-sumatera-selatan-lewat-ajang-drag-race-dan-drag-bike
Freestyler Motor Listrik Unjuk Gigi Pada Ajang Drag Race dan Drag Bike Gubernur Championship (Sumber: Humas PT PLN)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - PT PLN (Persero) bersama Forum Silaturahmi Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) memprakarsai kegiatan drag race dan drag bike yang digelar di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, kompetisi ini diikuti oleh 250 peserta drag race dan 850 drag bike. Event ini juga dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional.

Herman Deru mengatakan bahwa Drag Race dan Drag Bike Competition ini merupakan wujud dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bagi penikmat balap, pemerintah juga mendukung kampanye penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik, bahkan saat ini Pemrov Sumsel juga sudah mulai beralih menggunakan kendaraan listrik. Bersama Saleh Siswanto, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Herman Deru mensosialisasikan kendaraan listrik dan mencoba menggunakan mobil listrik di area drag race.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam mensosialisasikan penggunaan kendaraan listrik ke masyarakat untuk mengakselerasi pemanfaatan energi yang ramah lingkungan serta mengurangi penggunaan energi fossil. Di lingkungan Pemprov juga sudah mulai beralih ke kendaraan listrik” ungkap Deru.

Selain ramah lingkungan, Saleh Siswanto menjelaskan bahwa kendaraan listrik dinilai lebih hemat. “Jika di bandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil, penghematannya bisa sampai 3x lipat” terang Saleh

Untuk kenyamanan pengguna kendaraan listrik, Saleh mengatakan bahwa PLN telah menyediakan 3 unit fasilitas charging kendaraan listrik di Sumatera Selatan

“Di Sumsel sudah ada tiga init SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Umum) dan akan menambah lagi di tempat-tempat strategis seiring meningkatnya pengguna mobil listrik ” kata Saleh.

Tidak hanya mengisi daya di SPKLU, pengguna mobil listrik juga bisa menggunakan layanan Home Charging PLN.

"Bisa juga melakukan pengisian daya di rumah pakai fasilitas Home Charging Service dan mobil listrik sekarang sekali charge penuh jarak tempuhnya dapat digunakan untuk kurang lebih 350 km" tutur Saleh.

Kegiatan drag race and drag bike ini berhasil menarik perhatian ribuan masyarakat di Kota Palembang. Ketua Umum FSPSS, Deliar Marzoeki mengatakan, kemeriahan acara ini juga disupport penuh oleh PLN dalam rangka memeriahkan Hari Listrik Nasional.

“Dalam rangka hari listrik nasional, PLN mensupport penuh kegiatan ini sekaligus memasyarakatkan mobil dan motor listrik” pungkas Deliar.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x