Kompas TV regional berita daerah

Akademi Digital & Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 2022

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 13:19 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Saudara, di era digitalisasi, batas usia tidak menjadi penghalang untuk mengenal dunia melalui kecanggihan handphone. Bermedia sosial tidak hanya dilakoni generasi muda, lanjut usia pun kini aktif di media sosial, yang tak jarang membuat terjerumus dalam permasalahan hingga penipuan.

Untuk itu masyarakat anti fitnah, Mafindo, yang didukung google.org meluncurkan program Akademi Digital Lansia dan Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 2022. Dimana tular nalar sebuah portal pembelajaran online memberikan pelatihan literasi digital untuk memberdayakan pemilih pemula dan penduduk lanjut usia.

Ketua Presidium Mafindo, menjelaskan program pelatihan materi yang diberikan adalah pemahaman dasar-dasar perlindungan data pribadi, navigasi youtube untuk lansia, kiat-kiat aman bertransaksi digital, serta teknik -teknik identifikasi hoak dan pencegahan ujaran kebencian di ranah digital. Adanya pelatihan ini diharapkan lansia terhindar dari berbagai modus penipuan digital dan misinformasi, sehingga lansia dapat lebih kritis.

Sementara beberapa peserta mengaku, Tular Nalar 2022 ini sangat bermanfaat  bagi kehidupan mereka di usia senja. Karena hak digital adalah bagian dari hak asasi manusia, sehingga tular nalar dapat memandu menuju teknologi informasi melalui smart phone dengan menjelajah ranah digital yang aman dan nyaman.

Tari Pendet lansia membuka acara peluncuran yang dihadiri dari perwakilan Gubernur Bali, perwakilan Kapolda Bali, perwakilan Walikota Denpasar. dan juga dibuka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Dan Informasi Kementrian Komunikasi Dan Informasi, Semuel Abrijani Pangerpan melalui online. Talkshow dengan Grace Simon Sebagai perwakilan lansia dan duta bahasa sebagai perwakilan generasi muda digelar.   Tular nalar memiliki target untuk memberdayakan 320.000 lansia dan 130.000 pemilih pemula.

 

 

 

 

 

 

#mafindo   #akademidigital  #tularnalar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x