Kompas TV regional berita daerah

Jadi Idola, Jembatan Bambu Penghubung Kudus-Demak

Kompas.tv - 28 September 2022, 14:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Keberadaan jembatan bambu di perbatasan Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak sangat membantu bagi warga untuk memangkas jarak tempuh hingga belasan kilometer. Jembatan bambu yang melintas di atas Sungai Wulan ini menghubungkan Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus dengan Desa Kedungwaru Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Jembatan dari bambu dan kayu dengan panjang 40 meter dan lebar 1 meter ini menjadi andalan bagi warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik menuju Kabupaten Kudus maupun sebaliknya.

Biasanya jembatan ini ramai dilewati pengendara pada saat jam berangkat dan pulang kerja. Anita Sari, salah satu warga yang sudah terbiasa melewati jembatan ini mengaku, sangat terbantu karena dapat memangkas jarak tempuh hingga 15 kilometer. Jika melewati jalan biasa harus memutar. Oleh karena itu ia mengaku tidak keberatan membayar Rp 2.000 yang diperuntukan bagi pengelolaan jembatan.

"Adanya jembatan ini membantu, bisa cepat. Biasanya memutar," ungkap Anita.

Sementara itu, menurut Sumarno, pengelola jembatan, ide awal pembuatan jembatan bambu ini muncul karena banyaknya warga yang merasa kesulitan jika ingin menuju ke desa sebelah atau sebaliknya.

"Membantu masyarakat wilayah Demak, pekerja dari Demak ke Kudus," kata Sumarno.

Keberadaan jembatan bambu tersebut hanya ada pada saat musim kemarau, sedangkan saat musim penghujan, sarana penyeberangan diganti dengan perahu kayu, karena biasanya debit air sungai akan naik.

#demak #kudus #jembatanbambu

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x