Kompas TV regional peristiwa

Gaduh Penggerebekan Batalyon 120, Kanit Reskrim Polsek Tallo Makassar Dicopot karena Tak Profesional

Kompas.tv - 13 September 2022, 23:06 WIB
gaduh-penggerebekan-batalyon-120-kanit-reskrim-polsek-tallo-makassar-dicopot-karena-tak-profesional
Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto mencopot Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Tallo Iptu Faizal. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

MAKASSAR, KOMPAS.TV – Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto mencopot Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Tallo Iptu Faizal.

Pencopotan tersebut, kata Budhi, akibat banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh Faizal selama ini.

Menurutnya, Kepala Kepolisan Sektor (Kapolsek) Tallo Kompol Badollahi sudah sejak lama mengeluhkan pelanggaran yang kerap dilakukan Iptu Faizal.

“Jadi sekali lagi, bahwa pergantian Kanit Reskrim ini karena ketidakprofesionalannya, karena ketidakmaksimalannya dia bekerja,” ucapnya pada wartawan, Senin (12/9/2022).

“Bahkan menyelewengkan apa yang menjadi kebijakan pimpinan, yaitu tentang bagaimana polisi harus dekat dengan masyarakat,” lanjutnya, dikutip dari rekaman suara.

Budhi menjelaskan, dirinya selaku Kapolrestabes Makassar, sejak awal mempunyai program untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Baca Juga: UMKM Expo di Makassar, Pamerkan Pesona Kecantikan Kain Toraja Hingga Kain Sutra Khas Sulsel!

“Dengan cara apa? Salah satunya adalah kita ini punya wadah, yaitu restorative justice.”

“Bagaimana masyarakat yang bermasalah dengan hukum, ketika para pihak mencabut perkaranya, bisa berdamai di situ, kita bisa melakukan langkah restorative justice. Ini dibenarkan oleh aturan,” tambahnya.

Namun, kata dia, faktanya, sang Kanit Reskrim tidak melakukan hal itu, dan ini sudah lama dikeluhkan oleh Kapolsek.

“Sehingga saya berpikiran rencana mau mengganti yang bersangkutan. Dan puncaknya, kemarin kejadian di hari Minggu dini hari.”

Mengutip Tribun Timur, pada Minggu (11/9) dini hari, Iptu Faizal dilaporkan mengamankan 48 orang hasil penggerebekan jajaran Tim Patroli Perintis Presisi dan Thunder Polda Sulsel di Sekretariat atau Markas Batalyon 120 di Jalan Korban 40.000 Jiwa di Kecamatan Tallo, Makassar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x