Kompas TV regional berita daerah

Rumahkan Karyawan, Siasati Harga Telur dan Bahan Baku Naik

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 14:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Para pengelola industri rumahan dan toko roti mengeluhkan mahalnya harga telur ayam yang mencapai Rp 31.000 per kilogram.  Haryo, salalah satu pedagang martabak mini di Kota Semarang, yang menggunakan bahan dasar telur saat ini hanya bisa bertahan di tengah mahalnya harga kebutuhan pokok di pasaran, seperti minyak goreng, margarin, tepung terigu hingga susu. 

Untuk mensiasati agar usaha tetap bisa bertahan, pilihan merumahkan karyawan dan menaikkan harga jual martabak mini terpaksa dilakukan untuk tetap menjaga kualitas. Usaha martabak mini yang dirintis sejak tahun 2015 ini pun saat ini dikelola sendiri tanpa dua orang karyawan. Di tengah sepinya omzet penjualan, upaya menarik pelanggan dilakukan dengan cara rajin melakukan promosi dan potongan harga.

"Dampaknya karena kenaikan harga tersebut, omset kita jadi turun. Mau ga mau kita mengurangi  karyawan, untuk mengurangi beban bisnis saya ini," jelas Haryo.

Di tengah naiknya harga kebutuhan pokok di pasaran, harga martabak mini saat ini dijual Rp 3.500 per biji yang semula Rp 3.000 per bijinya.

#telur #martabakmanis #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x