Kompas TV regional berita daerah

Peringati HUT Kemerdekaan RI Nelayan Aceh Tidak Melaut

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Sedikitnya puluhan kapal motor nelayan bersandar di Dermaga TPI Samudera Lampulo, Banda Aceh karena tidak melaut. Hal ini dilakukan sejumlah nelayan Aceh karena mereka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun.

Sejak beberapa hari lalu nelayan disana sudah mulai memasang bendera merah putih di masing-masing kapal mereka. Bahkan beberapa kapal yang siap untuk melaut harus menunda keberangkatan karena ikut memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Seperti kapal motor nelayan Jasa Poma asal Aceh Timur. Sejumlah persiapan melaut seperti memasok bahan bakar, stok es, serta perbaikan jaring nelayan sudah dilakukan, namun karena ingin memeriahkan peringatan 17 tahun, mereka tidak berangkat dan akan berlayar pada esok dini hari. 

Aturan dilarang melaut ini sudah diatur dalam hukum adat Panglima Laot Aceh yang harus dipatuhi oleh nelayan Aceh, karena ada sanksi hukum adat yang ditetapkan jika melanggar aturan itu. 

Sementara itu, sejumlah perayaan hari besar lainnya seperti peringatan Tsunami, perayaan Maulid Nabi, hari Jum'at dan perayaan hari raya umat Islam selalu diperingati oleh nelayan dengan cara tidak melaut dan memilih berkumpul bersama keluarga. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x