Kompas TV regional berita daerah

Memasuki Kemarau, Beberapa Daerah Di Bali Masih Hujan

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 16:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Rendahnya indeks ENSO (El Nino South Ascillation) dan meningkatnya indeks SOI di wilayah Indonesiam menyebabkan peningkatan intensitas hujan. Selain itu suplai uap air dari Pasifik timur ke Pasifik barat juga mengakibatkan meningkatnya aktivitas pembentukan awan hujan khususnya di Indonesia bagian timur.

Pada wilayah Bali suhu permukaan laut yang berkisar 26 hingga 29 derajat celcius juga meningkatkan potensi penguapan, sehingga beberapa hari kebelakang hujan masih turun pada beberapa wilayah di Bali.

Meski Bali telah memasuki musim kemarau, badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah III Denpasar menilai, sebagian besar wilayah Bali di beberapa hari kedepan akan terjadi hujan ringan, dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 35 kilometer per jam. Tinggi gelombang laut di perkirakan akan mencapai 1 hingga  4 meter.

BMKG mengajak masyarakat tetap waspada dengan kondisi cuaca ini, khususnya bagi masyarakat yang melakukan aktivitas laut.  Masyarakat diharapkan selalu memperhatikan informasi dari BMKG khsusunya tentang peringatan dini cuaca atau iklim ekstrim.

 

 

 

 

 

#bmkgdenpasar   #musimkemarau  #cuacaburuk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x