Kompas TV regional berita daerah

Kabar Gembira, Gajah Sumatera di Lembah Hijau Melahirkan

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 15:03 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Seekor bayi gajah telah lahir di kawasan Taman Konservasi Lembah Hijau Lampung pada Minggu (7/8/2022) kemarin.

Kabar gembira tersebut datang, setelah gajah indukan bernama Mega melahirkan bayi gajah jantan secara normal dan sehat dengan bobot 102 kilogram dan panjang 98 cm.

Sementara, Irwan Nasution Pemilik Taman Satwa Lembah Hijau menjelaskan bahwa proses melahirkan bayi gajah ini berlangsung cukup dramatis dengan mendapat penjagaan atau pengawasan dari petugas taman konservasi lembah hijau.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Lembah Hijau Siapkan Vaksinasi Pengunjung

Diketahui indukan gajah jantan bernama Aris dan betina bernama Mega adalah Gajah Sumatera yang melewati masa bunting selama 22 bulan.

“Ini merupakan yang pertama kelahiran Gajah Sumatera di Taman Satwa Konservasi Lembah Hijau Lampung. Sejak 6 tahun lalu kami diberi kepercayaan melalui dinas kehutanan, ada kementerian kehutanan, dan BKSDA,” jelas Irwan.

Saat dijumpai, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Hifzon Zawahiri menyebut lahirnya bayi Gajah Sumatera ini disambut baik oleh BKSDA Wilayah III Lampung.

Pasalnya, kelahiran bayi gajah ini merupakan hal yang langka terjadi di wilayah eks situ atau di luar kawasan habitatnya.

“Ini menginisiasi Elephant Days tanggal 12 Agustus. Jadi, ini merupakan berkah mendekati peringatannya gajah kita lahir,” ujarnya.

Baca Juga: Ikuti Fashion Show Anak Disabilitas Sambut Hari Kemerdekaan,

Selain itu, kelahiran bayi gajah jantan ini membawa kabar gembira karena bertepatan dengan momentum Hari Gajah Sedunia yang jatuh pada 12 Agustus mendatang.

Untuk saat ini, pihak pengelola lembah hijau masih memikirkan nama yang cocok untuk bayi Gajah Sumatera tersebut.

#lembahhijau #konservasi #bayigajahsumatera



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x