Kompas TV regional berita daerah

Seorang Kakek di Grobogan Dipaksa Mengemis Oleh Cucunya

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 12:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Seorang kakek di Desa Kropak, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dipaksa mengemis oleh cucu perempuannya yang masih anak-anak. Kejadian tersebut sempat direkam oleh salah satu tetangganya, hingga viral di media sosial.

Video tersebut memperlihatkan saat seorang cucu tengah memarahi sang kakek. Ia bahkan membanting sepeda dan menghardik sang kakek dengan sapu. Dalam video tersebut tertulis, jika sang cucu memaksa kakeknya untuk mengemis, padahal kondisi fisik kakeknya lemah dan sedang sakit.

"Kalau pagi minta sarapan, kakeknya disuruh cari makan. Terus minta jajan, kakeknya disuruh minta-minta uang ke tetangga," jelas Eliza Ega, tetangga.

Pasca viralnya video tersebut, kakek yang dipaksa cucunya mengemis akhirnya mendapatkan bantuan dari pihak kecamatan. Rencananya, sang cucu akan disekolahkan di pesantrean dengan biaya swadaya warga.

"Kakeknya, nanti kalau dari hasil pemeriksaan kita dapatkan pemeriksaan yang perlu kita tindak lanjuti kita periksakan di RSUD Dr. R. Soedjati, Purwodadi," tutur Kurnia Saniadi, Camat Wirosari.

Diketahui, kakek dan cucunya hanya tinggal berdua di rumah yang kurang layak. Sebelumnya, mereka sempat mendapat bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) atas nama sang nenek. Namun karena sang nenek meninggal, bantuan tersebut tidak dapat dicairkan. Untuk kebutuhan sehari-hari, mereka mengandalkan bantuan dari para tetangga.

#videoviral #paksamengemis #grobogan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x