Kompas TV regional berita daerah

Pasar Hewan Ditutup Pedagang Buka Lapak Di Jalanan

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 17:01 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan pedagang hewan di Kecamatan Kalisat, Jember, Jawa Timur, Rabu (27/7/2022) siang, membuka lapak dadakan di sepanjang jalan, akibat ditutupnya pasar upaya antisipasi pencegahan meluasnya penyakit mulut dan kuku. Pembubaran polisi secara humanis, membuat pedagang memahami dan meninggalkan pasar secara tertib.

Lapak dadakan pedagang hewan ini berada sepanjang jalan di kawasan pasar hewan Kalisat, Iecamatan Kalisat, Jember, Jawa Timur.

Mereka memilih membuka lapak dadakan karena adanya penutupan pasar hewan sebagai antisipasi penyebaran dan pencegahan penyakit mulut dan kuku agar tida meluas.

Akibatnya arus lalu lintas mengalami kemacetan, karena kawasan ini merupakan salah satu jalur alternatif penghubung antara Kecamatan Kalisat dan Kecamatan Kayang.

Para pedagang mengaku tidak memperoleh pendapatan jika tidak berdagang, meskipun langkah mereka dapat menyebabkan kemacetan dan kelancaran arus lalu lintas.

Petugas kepolisian melakukan upaya persuasif dan humanis, kepada pedagang sehingga memahami penutupan pasar hewan karena untuk pencegahan virus PMK tidak semakin meluas, dan mereka pun meninggalkan lokasi secara tertib.

Sebagian pedagang mendukung langkah penutupan pasar hewan, meski secara ekonomi tidak menguntungkan mereka yang berprofesi sebagai pedagang hewan ternak baik kambing maupun sapi.

Penutupan seluruh pasar hewan dilakukan di seluruh Kabupaten Jember, Jawa Timur, hingga waktu yang belum ditentukan atau akan dibuka kembali sesuai dengan Instruksi Bupati Jember melalui Dinas Ketahanan Pangan dan p
Peternakan Kabupaten Jember, Jawa Timur.

#beritajember
#pasarhewan
#pasardadakan
#viruspmk

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x