Kompas TV regional berita daerah

Gunung Raung Erupsi, Kota Jember Hujan Abu

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 16:54 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Gunung Raung yang terletak di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Rabu (27/7/2022) petang, mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 1500 meter. Belum diketahui pasti dampak akibat letusan, namun sebagian wilayah Kota Jember, Rabu malam, terjadi hujan debu.

Hujan debu terjadi di sebagian wilayah Kota Jember, Jawa Timur, Rabu malam, akibat terjadinya erupsi gunung raung yang terletak di wilayah Banyuwangi dan perbatasan Bondowoso dan Jember.

Salah satunya di kawasan Jalan Kenanga, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, yang sempat mengganggu pengendara sepeda motor.

Material debu berwarna kelabu terlihat hampir mengotori seluruh bodi mobil yang sedang terparkir di pinggir jalan, bahkan warga mengaku merasakan pedih di wajah.

Hal serupa dirasakan bagi pengendara sepeda motor yang belum menyadari sedang terjadi hujan debu, merasakan pedih di mata dan hidung seperti kemasukan pasir.
 
Dari keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember, Sigit Akbari, melalui sambungan telepon, menjelaskan bahwa adanya laporan erupsi gunung raung dari pos pengamatan di Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu petang.

BPBD Jember hingga kini masih melakukan pemantauan dan menyiapkan langkah antisipasi dampak akibat erupsi gunung raung yang mempuyai ketinggian lebih dari tiga ribu meter dari permukaan laut.

#beritajember
#raungerupsi
#raungmeletus
#volcano
#gunungraung

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x