Kompas TV regional berita daerah

Pameran Barongan Reog, Ada yang Terbuat dari Kulit Macan

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 11:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PONOROGO, KOMPAS.TV - Seniman dan pecinta reog di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur menggelar pameran barongan reog dari masa ke masa. Salah satu barongan yang dipamerkan berusia 100 tahun lebih dan terbuat dari kulit macan tutul asli.

Pameran barongan kuno digelar dalam rangka perayaan grebeg suro Ponorogo untuk menyambut tahun baru hijriah. Ada puluhan barongan reog kuno yang dipamerkan.

Dari pameran itu diketahui, jika model barongan reog Ponorogo berubah dari masa ke masa. Tak hanya dari bahan pembuatannya tapi juga bentuknya.

Baca Juga: Atraksi Puluhan Grup Reog Semarakkan Grebeg Suro

Salah satunya barongan reog tertua yang dibuat pada tahun 1910. Barongan reog itu terbuat dari kulit macan tutul asli. Bahan kulit macan asli memang digunakan sebagai barongan reog hingga tahun 80an.

Namun seiring dengan konservasi alam, kini barongan reog tak boleh lagi menggunakan kulit macan. Seiring dengan perubahan zaman, barongan reog kini dimodifikasi dengan kulit sapi atau kambing lalu dilukis menyerupai macan asli. Para kolektor harus ekstra hati-hati dalam merawat barang berharga dan langka itu.

Selain sebagai edukasi tentang keragaman reog dari masa ke masa, pameran itu juga sebagai upaya pengumpulan barang-barang kuno berkaitan dengan sejarah reog Ponorogo.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x