Kompas TV regional berita daerah

Candi Kelir Ditemukan Tim Arkeolog

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 17:47 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

BLITAR, KOMPAS.TV - Struktur candi kelir ditemukan tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur saat melakukan ekskavasi di candi gedog. Candi kelir tersebut ditemukan tim arkeolog berada di depan candi utama dengan ketinggian kurang dari 2 meter.

Di hari terakhir ekskavasi candi gedog ini, tim balai pelestarian cagar budaya Jawa Timur menemukan sejumlah benda cagar budaya. Salah satunya adalah struktur batu bata merah yang membentuk sebuah candi kelir.

Candi kelir tersebut ditemukan tim arkeolog di bagian depan dan terpisah dari bangunan candi induk. Diperkirakan candi kelir tersebut memiliki ketinggian kurang dari 2 meter.

Selain candi kelir, tim BPCB juga sudah bisa menemukan dinding luar bangunan candi yang selama ini masih dicari. Dari temuan tersebut diperkirakan bangunan induk dari candi gedog memiliki luas 12 meter persegi. Candi gedog juga diperkirakan merupakan tempat pemujaan dewa, pada saat kerajaan Majapahit berkuasa.

Sejumlah benda cagar budaya lainnya juga ditemukan tim BPCB, seperti pecahan gerabah serta batu bata merah yang memiliki ukiran khas majapahit. Setelah proses ekskavasi selesai, diharapkan Pemerintah Kota Blitar dapat merawat temuan cagar budaya tersebut.

#beritablitar
#eskavasi
#cagarbudaya
#candikelir



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x