Kompas TV regional gaya hidup

Kenali Manfaat Pala bagi Kehidupan Sehari-hari, Atasi Jerawat hingga Bikin Awet Muda

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 14:36 WIB
kenali-manfaat-pala-bagi-kehidupan-sehari-hari-atasi-jerawat-hingga-bikin-awet-muda
Buah Pala (Sumber: Freepik/Yarunivstudio)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

Siapa yang tak mengenal pala? Rempah yang satu ini kerap ditemui dalam bumbu pelengkap masakan sebagai penguat rasa untuk makanan yang cenderung pedas atau menghangatkan.

Tak hanya itu, pala juga memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dalam kesehatan, pala berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Pala juga menjadi inspirasi lahirnya produk lokal kreasi jam tangan kayu, yaitu Kreasi Pala Nusantara. Ilham Pinastiko, selaku pendiri, membagikan cerita di balik berdirinya kreasi unik ini hingga bisa menjadi souvenir tamu VIP KTT G2O Indonesia dalam siniar Smart Inspiration bertajuk “Kreasi Pala dengan Cerita Nusantara”.

Baca Juga: Heboh Kunjungan Presiden Jokowi ke China Bertemu Presiden Xi Jinping Jelang KTT G20

Manfaat Pala bagi Kesehatan

Selain yang dijelaskan di atas, pala juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Pertama adalah antiinflamasi.

Pala kaya akan senyawa antiinflamasi yang disebut monoterpen, termasuk sabinene, terpineol, dan pinene yang dapat membantu mengurangi dan mengatasi peradangan di tubuh. 

Kedua adalah antioksidan kuat. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Jika tingkatnya terlalu tinggi, ia akan memicu stres yang dapat menyebabkan banyak penyakit kronis, seperti penyakit jantung. 

Ketiga, yaitu sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan strain bakteri E-coli berbahaya, seperti O157. Bakteri ini berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit parah hingga kematian.

Baca Juga: PEVS 2022 Akan Digelar Mulai 22 Juli, Kenalkan Kendaraan Listrik yang Akan Digunakan pada KTT G20!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x