Kompas TV regional berita daerah

Relawan Laut Wajib Miliki Jaminan Keselamatan Kerja

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 16:34 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Salah satu konservasi penyu dilakukan di Pantai Penimbangan, Kabupaten Buleleng, Bali. Konservasi ini digerakkan oleh 27 warga Desa Bakti Seraga, yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas Penimbangan Lestari.

Fokus terhadap konservasi penyu serta transplantasi terumbu karang dan lamun serta biota laut, sudah mereka lakukan sejak 5 tahun yang lalu. Hampir setiap hari mereka menyelam, menggunakan peralatan lengkap.  Derasnya  arus  bawah laut serta ancaman dekompersi akibat gas, bisa menganggu keselamatan mereka.

Untuk menjamin keselamatan kerja, pemerintah desa mengikutsertakan para relawan laut ke BPJS Ketenagakerjaan.  3 Bulan pertama, pemerintah desa menanggung iuran jaminan kesehatan sebesar 17 ribu rupiah, sejak pertengahan tahun 2021 lalu, selanjutnya pembayaran mengunakan kas kelompok.

Saat ini jaminan ketenagakerjaan hanya menanggung biaya pengobatan kesehatan dan santunan kematian. Biaya chamber diharapkan bisa diadakan penyelenggara, karena bisa mencegah gangguan kesehatan akibat dekompersi.

Kesadaran penyelam di Bali untuk memiliki Jaminan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja masih rendah.  Data dari Perkumpulan Penyelam Profesiopnal Bali - P3B menunjukkan, dari 260 anggota, kurang dari 50 persen yang memiliki Jaminan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja.

Di Indonesia saat ini tidak banyak penyelenggaran jaminan kesehatan dan keselamatan kerja yang memfasilitasi para penyelam. Keselamatan kerja saat menyelam sangat diperlukan, mengingat adanya potensi ancaman bahaya.

 

 

 

#bpjs  #bpjsketenagakerjaan #pengawaspenimbanganlestari



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x