Kompas TV regional berita daerah

Kontingen Para Games Indonesia Jalani Tes Usap

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 16:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games 2022, menjalani skrining Covid-19 Selasa (19/7/2022) siang. Para atlet maupun ofisial akan diambil sampel usapnya untuk diperiksa dengan metode PCR.

Tes usap dengan metode PCR ini diikuti oleh 484 orang. Mereka akan diambil sampel usapnya satu persatu, untuk kemudian diteliti oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Tes usap ini rutin dilakukan di tengah Pelatnas ASEAN Para Games 2022 di Solo. Setidaknya, sejak awal tahun 2022 sudah dilakukan sebanyak lima kali. Bagi para atlet, tes usap ini dapat membantu mengetahui kondisi masing-masing.

"Ini kan buat kesehatan kita, jadi kita harus taati protokol kesehatan juga. Ini kita harus ikuti aturan pemerintah," kata Wiwin Andri, atlet para badminton.

Usai menjalani tes usap, para atlet dan ofisial akan bergeser ke hotel tempat mereka menginap selama ASEAN Para Games. Namun pergeseran ini, menunggu hasil tes usap keluar. Nantinya, sistem bubble akan langsung diterapkan untuk memastikan kondisi para atlet dan ofisial tetap terjaga.

“Nanti kita akan dikarantina dan kita hanya venue, lalu ke hotel. Waktu pertandingan itu tidak ada yang boleh keluar," ujar Bayu Widhi Hapsara Purba, pelatih para tenis meja.

Dengan memastikan kondisi para atlet, maka diharapkan dalam pelaksanaan Asean Paragames semua aman. Tidak ada klaster baru, terkait dengan penularan Covid-19. Dan para atlet serta ofisial wajib patuh, dengan protokol kesehatan yang diberlakukan.

#aseanparagames #atlet #tesusap



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x