Kompas TV regional berita daerah

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Terus Meningkat

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 12:54 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Sejak Sabtu (16/7/2022) hingga Senin (18/7/2022) malam kemarin, Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di perairan Selat Sunda tercatat sudah 7 kali mengalami letusan.

Aktivitas GAK diketahui terus meningkat dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 2.500 meter di atas permukaan laut, juga terekam di seismograf selama 73 detik dengan amplitudo maksimum 55 milimeter.

Selain itu, letusan kolom abu GAK yang terekam CCTV Badan Geologi PVMBG Kementerian ESDM juga tampak berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Alami Empat Kali Erupsi

Erupsi tersebut juga tercatat disertai dengan beberapa kali goncangan gempa harmonik, 5 kali gempa frekuensi kecil, dan 1 kali gempa vulkanik dangkal.

“Imbauan untuk masyarakat diharap tenang. Jangan mendengarkan isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Status gunung api anak krakatau saat ini masih siaga level 3,” ujar petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau Hendra.

Meski menunjukkan peningkatan aktivitas, namun hingga kini status GAK masih berada di level 3 atau siaga.

Baca Juga: Antusias Siswa di Hari Pertama Masuk Sekolah

Oleh sebab itu, masyarakat dan wisatawan dilarang mendekat dan beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif GAK.

#gununganakkrakatau #gunungerupsi #bencanaalam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x