Kompas TV regional berita daerah

Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Selatan Yogyakarta

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 16:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Gelombang tinggi menerjang pesisir Selatan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Ombak dengan ketinggian satu hingga enam meter sempat menerjang warung di sepanjang pantai, sehingga membuat panik para pengunjung.

Puluhan warung di Pantai Pulang Sawal dan Pantai Baron dilaporkan rusak, sementara di Pantai Drini, sejumlah perahu juga mengalami kerusakan akibat terjangan gelombang tinggi.

Tak hanya di Gunungkidul, gelombang tinggi juga menerjang Pantai Selatan Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, salah satunya di Kawasan Pantai Glagah. Para nelayan terpaksa mengevakuasi perahu ke tempat yang lebih aman. Hal ini dilakukan agar perahu tidak terbawa gelombang.

Beberapa payung wisata dan wahana ATV juga tersapu akibat gelombang tinggi. Selain itu, jalan penghubung antara Wisata Pantai Glagah dan Pantai Congot di Selatan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) juga sempat diterjang ombak dan rusak parah.

"Gelombang tinggi di seputaran wilayah  Pantai Selatan Kulon Progo. Tadi sempat naik di parkiran ATV Pantai Glagah," jelas Aris widyatmoko, koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V.

Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Diprediksi, gelombang tinggi masih akan terjadi. Untuk sementara waktu, warga diimbau untuk tidak beraktivitas di sekitar pantai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x