Kompas TV regional berita daerah

Kreatif, 2 Pemuda di Magelang Ubah Limbah Kayu Jadi Kerajinan Aquascape

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 12:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Karya seni aquascape adalah seni mengatur tanaman, batu dan kayu di dalam air. Seni aquascape saai ini masih memiliki penggemarnya tersendiri, sehingga karya seni ini masih terus dicari.

Namun, dua remaja asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, berhasil membuat aquascape yang berbeda dan menarik. Indra Wahyu bersama satu temannya, memanfaatkan dari limbah kayu di sekitar rumahnya sebagai bahan utama pembuatan aquascape.

Kreatifitas inilah yang membuat keduanya bisa memperoleh keuntungan yang lebih, karena dalam pembuatan aquascape mereka biasa menggunakan banyak tema yang memiliki unsur kayu. Bahkan, kedua perajin berhasil membuat karya seni tanpa mengeluarkan modal besar.

"Saya menemukan kayu-kayu yang tidak terpakai yang sudah dimakan rayap, kok sepertinya bagus buat hiasan aquarium. Bahan yang beli itu hanya batu, pasir dan lem," kata Indra Wahyu.

Lama proses pembuatan aquascape tergantung dari tingkat kerumitannya, biasanya berkisar antara satu hingga tiga minggu. Menurut dua perajin, pembuatan aquascape dilakukan secara otodidak dan mencari referensi di internet.

Indra bersama temannya sudah menekuni usaha ini selama satu tahun, dan karya aquascape sendiri dipasarkan melalui media sosial. Bahkan, pemesanan terakhir datang dari Singapura, dengan harga hingga jutaan rupiah.

#aquascape #limbahkayu #karyaseni



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x