Kompas TV regional peristiwa

Bone Bolango Diguncang Gempa M 5,3, Warga Ramai-Ramai ke Luar Rumah

Kompas.tv - 17 Juli 2022, 22:29 WIB
bone-bolango-diguncang-gempa-m-5-3-warga-ramai-ramai-ke-luar-rumah
Ilustrasi. Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 yang mengguncang Bone Bolango, Gorontalo membuat sejumlah warga panik dan berhamburan ke luar rumah, Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 20.56 WITA. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

GORONTALO, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 yang mengguncang Bone Bolango, Gorontalo membuat sejumlah warga panik dan berhamburan ke luar rumah, Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 20.56 WITA.

Salah satu warga Kota Gorontalo, Indra Dunggio, mengungkapkan dirinya bersama kawan-kawan berada di warung kopi saat kejadian berlangsung.

Saat itu hujan dengan intensitas tinggi terjadi ketika gempa mengguncang Kota Gorontalo.


Baca Juga: Gempa di Pacitan Hari Ini Termasuk Gempa Bumi Dangkal, Ini Penjelasan BMKG

"Kami sedang bersama teman komunitas di warung kopi, tiba-tiba gempa terjadi," kata Indra dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada di laut 67 kilometer barat daya Bone Bolango. Gempa berlokasi 0,1 LS, 123,12 BT dengan kedalaman 104 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengungkapkan, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca Juga: Antisipasi Tsunami Dan Gempa Lantamal XIV Sorong Gelar Latihan Penyelamatan

Gempa ini dilaporkan dirasakan di wilayah Kota Gorontalo dengan skala intensitas III-IV MMI. Sedangkan di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo Utara, Gorontalo, dan Boalemo dengan skala intensitas III MMI.

Kemudian, daerah Luwuk dengan skala intensitas II-III MMI, daerah Morowali dan Kabupaten Pulau Taliabu dengan skala intensitas II MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis Bambang.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x