Kompas TV regional berita daerah

Kaderisasi Karang Taruna Banjarmasin Cegah Penyalahgunaan Narkotika dan Bantu Penanganan Bencana

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 06:16 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Mencegah potensi penyalahgunaan narkotika di masyarakat, Karang Taruna Banjarmasin menjaring kaderisasi di 52 kelurahan di Banjarmasin. 

Sosialisasi program dan pengadilan pun dilakukan Karang Taruna Banjarmasin bergantian kepada karang taruna di tingkat kelurahan, seperti di Kelurahan Sungai Andai (13/7/2022).

Baca Juga: Sandiaga Uno Hadiri Pameran AKI 2022 di Banjarmasin, Dukung Transisi Ekonomi Ekstraktif ke Kreatif

Upaya kaderisasi merupakan cara agar masyarakat khususnya para pemuda memiliki kegiatan positif dan bermanfaat.

Selain itu, Karang Taruna juga diharapkan mampu turut serta dalam upaya penanganan bencana.

Seperti diungkapkan Lurah Sungai Andai, Ahmad Dedi Fernadi, kawasan sungai andai termasuk daerah yang terdampak banjir cukup parah tahun 2021, sehingga pihak kelurahan menyiapkan kerjasama dengan Karang Taruna.

 “Kami nanti akan menggaet maupun bekerja sama dengan karang taruna yang ada di kelurahan supaya pada saat terjadi bencana itu bisa sama-sama kita menggerakkan untuk membantu masyarakat di Kelurahan Sungai Andai karena di kelurahan ini kemarin paling parah terdampak bencana banjir," ucap Lurah.

Sememtara Karang Taruna Banjarmasin menargetkan dapat mencetak kader yang memahami permasalahan di wilayah masing-masing.                       Ketua Karang Taruna Banjarmasin, Arbaniansyah, menyebut penting untuk kembali memotivasi anggota karang taruna.  

 “Yang kami harapkam kader-kader yang pontisial mengerti, tahu dan mengidentifikasi kebutuhan apa yang ada di wilayahnya dan apa yang harus kerjakan untuk keperluan Wilayah kerjanya," ucap Ketua Karang Taruna Banjarmasin, Arbaniansyah. 

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Santri di Kalsel Buat Konten Islami Promosikan Wisata Religi

Saat ini di Kota Banjarmasin terdata sekitar 60 karang taruna yang aktif  dan perlu dioptimalkan potensinya.

Sehingga motivasi diberikan agar seluruh anggota karang taruna mengingat kembali tugas dan fungsi karang taruna.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x